HOT TOPIC

Antisipasi Spekulan Menjelang Ramadhan

Dibaca: 50070 kali  Kamis,04 Juli 2013 | 11:00:00 WIB
Antisipasi Spekulan Menjelang Ramadhan Ket Foto : Sekertaris komisi I DPRD Pekanbaru Kamaruzaman SH

PEKANBARU (RA)-  Pemerintah kota Pekanbaru diharapkan segera menyikapi kondisi lonjakan harga yang terjadi di pasaran sejak beberapa waktu belakangan ini. Termasuk mengantisipasi kemungkinan berkembangnya praktik spekulan yang dilakukan oleh pihak pihak tertentu. 

"Tentunya kondisi kenaikan harga yang terjadi belakangan ini jelas sangat memberatkan masyarakat, apalagi tidak berapa lama lagi umat muslim akan segera memasuki bulan suci Ramadhan. Oleh sebab itu pemerintah kota Pekanbaru perlu mengantisipasi kemungkinan terjadi praktik spekulan atau penumpukan kebutuhan bahan pokok oleh pihak pihak tertentu," ungkap Sekertaris komisi I DPRD Pekanbaru Kamaruzaman SH.

Kamaruzaman mengakui, belakangan kenaikan harga di pasaran hampir mencakup seluruh kebutuhan pokok. Hanya saja yang cukup memprihatinkan sebut Kamaruzaman , kenaikan  harga di pasaran justru cenderung terjadi beberapa saat sebelum masuknya bulan Ramadhan termasuk pada tahun ini. 

Makanya, kondisi itu tentunya tidak bisa dibiarkan terlalu lama, karena kalau hal itu dibiarkan berlarut larut, dampaknya tentu akan sangat memberatkan bagi umat Islam yang hendak menjalankan ibadah suci Ramadhan. 

Ditambahkannya, secara umum kenaikan harga di pasaran yang terjadi beberapa waktu belakangan memang tidak banyak berpengaruh terhadap tingkat transaksi jual beli di pasaran seperti Pasar tradisional, hal itu tentunya tidak terlepas dari tingginya tingkat konsumsi masyarakat pada saat memasuki tahun ajaran baru maupun jelang masuknya bulan Ramadhan.

"Namun tetap saja ini mestinya perlu menjadi perhatian serius pihak pemerintah, mungkin pemerintah bisa mencarikan solusi lain seperti menggelar razia ke pasar pasar mengantisipasi praktek penumpukan barang oleh para spekulan di samping kegiatan bazar murah lainnya," tegasnya.

Laporan: Doni Dwi Putra


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
shadow