Emosi Penyebab Tumbuhnya Uban, Ini Penjelasannya

Emosi Penyebab Tumbuhnya Uban, Ini Penjelasannya
Ilustrasi

Riauaktual.com - Uban atau kondisi rambut mulai memutih umumnya terjadi pada manusia di usia lanjut atau bisa juga tumbuh ketika mencapai usia dewasa. Buku 'Sains dalam Alquran' yang ditulis Nadiah Thayyarah menjelaskan bahwa penyebab tumbuhnya uban adalah emosi.

"Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa," Surah Ar-Rum Ayat 54.

Buku 'Sains dalam Alquran' menjelaskan, dalam tafsir Al-Qurthubi disebutkan, "Bab An-Nadzir atau tentang uban, tanda-tanda dekatnya ajal dan usia tua seperti melemahnya pandangan, membungkuknya punggung dan berubannya rambut".

Berbagai riset ilmiah modern membuktikan bahwa rambut yang ada di kepala jumlahnya ditaksir sekira 200 ribu helai. Setiap rambut memiliki satu pembuluh darah dan satu saraf, otot, kelenjar dan umbi.

Masing-masing rambut juga hidup sekira tiga tahun. Dengan demikian, rambut akan terus memperbarui diri secara total satu kali dalam 2.000 hari.

Sebagian besar ahli meyakini bahwa uban adalah penyakit kulit yang bersumber dari saraf emosi, yang menyebabkan kurangnya suplai darah yang mengandung gizi ke rambut.

Para peneliti telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki uban pada rambutnya cenderung kekurangan vitamin b dalam asupan makanannya. Mengonsumsi vitamin dan protein untuk rambut dapat menekan pertumbuhan uban dan rambut senantiasa halus serta terawat.

Selain itu, uban sebaiknya tidak dicabut. Menurut trichologist Philip Kingsley, Elizabeth Cunnane Philips mengatakan bahwa mitos mencabut uban akan menekan pertumbuhannya adalah salah dan tidak ada gunanya.

“Meskipun mencabut uban tidak dapat menambah folikel yang kita miliki dan tidak akan menyebabkan rambut di sekitarnya berubah menjadi uban. Dengan mencabut uban secara paksa akan melukai folikel dan akan terjadi rasa gatal. Hal ini dianggap tidak ideal untuk mengurangi uban di sekitar rambut,” jelasnya.

 

Sumber : okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index