Saat Adzan di Istiqlal dan Bacaan Injil di Katedral Bersahut-sahutan...

Saat Adzan di Istiqlal dan Bacaan Injil di Katedral Bersahut-sahutan...

Riauaktual.com - Waktu tepat menunjukkan pukul 12.00, Jumat (30/3/2018). Adzan sholat jumat tengah berkumandang di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Umat Islam laki-laki bersiap-siap menjalankan ibadah mereka kepada Allah SWT. Banyak yang sudah berada di masjid, ada pula yang baru memasuki area masjid.

Saat adzan masih berkumandang, terdengar suara seorang lektor gereja membacakan sabda Tuhan yang diambil dari Al kitab. Suara itu berasal dari seberang Masjid Istiqlal, yakni Gereja Katedral.

Setelah pembacaan sabda Tuhan, jemaah Gereja Katedral menyanyikan nyanyian puji-pujian.

Hari ini, bersamaan dengan ibadah salat jumat umat Islam, umat Kristen Katolik melaksanakan ibadah Jumat Agung, termasuk di Gereja Katedral.

Suara adzan di Masjid Istiqlal serta sabda Tuhan dan nyanyian puji-pujian jemaah Gereja Katedral terdengar bersahut-sahutan.

Selesai adzan di Masjid Istiqlal, khotib masjid memberikan khutbah jumat. Lektor gereja juga masih membacakan Sabda Tuhan dan jemaah menyanyikan puji-pujian di Gereja Katedral.

Suara khutbah khotib Masjid Istiqlal terdengar samar di halaman Gereja Katedral. Begitu pun sebaliknya. Suara lektor gereja dan jemaah Katedral terdengar samar di halaman Masjid Istiqlal.

Meski begitu, jemaah Masjid Istiqlal dan jemaah Gereja Katedral tampak tak tergganggu. Mereka sama-sama khidmat melaksanakan ibadah masing-masing.

Hingga pukul 12.30, ibadah sholat jumat umat Islam dan ibadah Jumat Agung umat Kristen Katolik masih berlangsung.

Humas Gereja Katedral Susyana Suwadie mengatakan, pelaksanaan ibadah Jumat Agung di Katedral dan ibadah sholat jumat selalu berbarengan setiap tahunnya.

Namun, suasana ibadah masing-masing umat tetap berjalan lancar.

"Karena sudah berlangsung setiap tahun sih biasanya lancar saja. Umat juga sudah tahu kalau kami juga berbarengan saat jumatan," kata Susyana. (Wan)

 

Sumber: Kompas.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index