Bawa Daging Sapi, Pria Muslim India Dikeroyok Sampai Mati

Bawa Daging Sapi, Pria Muslim India Dikeroyok Sampai Mati
Sapi di India adalah hewan suci yang dikeramatkan. Foto/reuters

Riauaktual.com - Pengadilan India memvonis 11 orang penjaga sapi dengan hukuman penjara seumur hidup. Mereka dihukum lantaran membunuh seorang pedagang Muslim yang diduga mengangkut daging sapi.

Putusan pengadilan di negara bagian Jharkhand ini merupakan contoh pertama dari keyakinan dan hukuman dalam kasus vigilantisme atau main hakim sendiri yang mengatasnamakan sapi. Sapi oleh banyak umat Hindu dianggap sebagai hewan suci sedangkan bagi umat Muslim, daging sapi adalah halal.

Kejadian ini bermula saat para pelaku bersama gerombolan lainnya menarik korban bernama Alimuddin Ansari dari kendaraannya, memukulinya sampai mati dan membakar mobil korban, dalam serangan yang terjadi pada 29 Juni 2017 tersebut.

Video yang ramai dibagikan di media sosial menunjukkan para pelaku menghempaskan Ansari dengan potongan-potongan daging saat mobil terbakar di dekatnya. Pedagang itu kemudian diserang karena diduga membawa daging sapi di dalam mobilnya, seperti diberitakan Asian Correspondent.

Putusan ini ditetapkan beberapa jam setelah Perdana Menteri India Narendra Modi memperingatkan bahwa serangan main hakim sendiri, termasuk pembunuhan dengan dalih melindungi sapi, tidak dapat diterima.

Insiden ini bukan yang pertama kalinya. Tahun lalu, kelompok hindu ekstremis yang mengaku berafiliasi dengan Partai Bharatiya Janata (BJP) yang saat ini berkuasa, telah terlibat dalam serangan terhadap Muslim dan umat Hindu kasta rendah yang dilakukan atas nama sapi. (Wan)

 

Sumber: Viva.co.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index