Jokowi: Kritik Itu Perlu Tapi Harus Berdasarkan Data

Jokowi: Kritik Itu Perlu Tapi Harus Berdasarkan Data
Presiden Jokowi usai menghadiri acara Rapimnas II Perindo (foto: Heru/Okezone)

Riauaktual.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mempersoalkan adanya pihak-pihak yang mengkritik jalannya pemerintahan. Menurut dia, kritik merupakan salah satu cara dalam menjalankan kontrol sosial.

"Ya tadi kan saya sampaikan dalam manajemen negara ini perlu check and balance. Jadi ini perlu ada kemandirian, ada keseimbangan, ada yang mengontrol, ada mengawasi, memang harus ada. Jadi saya sampaikan kritik itu sangat perlu," kata Jokowi usai menghadiri Rapimnas II Perindo di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/3/2018).

Hanya saja, kata dia, setiap kritik harus berdasarkan data yang jelas. Sehingga, setiap kritikan dapat dicarikan solusi yang lebih baik dalam menjalankan pemerintahan.

"Dalam kita berdemokrasi kritik itu perlu. Tapi tentu saja kritik dengan sebuah data-data yang komplit, memberikan solusi kemudian untuk sebuah perbaikan yang lebih baik," jelas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Lebih jauh, Jokowi meminta agar pihak-pihak yang ingin mengkritik pemerintah dapat membedakan mana bentuk kritikan atau hinaan. Kritik, lanjut dia, harus berbeda dengan hujatan dan penghinaan lantaran tidak menyerang secara individu maupun pribadi.

"Ini tolong dibedakan ini sudah saya sampaikan. Tolong bedakan antara kritik dengan mencemooh, kritik dengan menghujat beda, jangan disama-samain. Kritik dengan mencela, itu beda, coba dilihat beda," imbuhnya.

Ia menambahkan, selama ini masyarakat kerap tidak dapat membedakan mana bentuk kritik atau penghinaan kepada pemerintah. Sebab itu, ia mengimbau, agar sebelum mengkritik sesuatu dapat membedakan mana bentuk kritikan dan hujatan agar jalannya demokrasi menjadi lebih baik.

"Jadi kita ini kadang-kadang nggak bisa membedakan mana yang kritik mana yang cela, fitnah, menghujat. Itu lah yang harus dipelajari bersama-sama. Tapi bahwa kritik itu perlu dalam berdemokrasi ya," tandasnya. (Wan)

 

Sumber: Okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index