Kadiskes Himbau Masyarakat Jadi Konsumen Cerdas

Kadiskes Himbau Masyarakat Jadi Konsumen Cerdas
ils (int)

Riauaktual.com - Sudah beberapa hari belakangan ini, masyarakat Riau maupun medsos dikejutkan dengan temukan adanya cacing pita dalam kemasan ikan sarden mackarel.

Bahkan kejadian ini terjadi di Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis dan Selat Panjang, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Meski belum ditemukan di kota Pekanbaru, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mengimbau masyarakat untuk waspada saat mengkonsumsi ikan sarden.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy menyebutkan jika sampai saat ini kota Pekanbaru belum ada laporan adanya temuan ikan sarden yang mengandung cacing. Seperti halnya di dua Kabupaten yang ada di Riau.

"Saat ini kita belum ada laporan terkait adanya Ikan kaleng Sarden yang  terdapat cacing. Bahkan, sampai saat ini BPPOM juga belum ada menggandeng kita untuk melakukan sidak ke toko-toko atau menarik produk tersebut," ujarnya.

Meskipun demikian lanjut Zaini, pihaknya tetap menghimbau masyarakat untuk mememperhatikan beberapa hal, sebelum membeli ikan kaleng tersebut. Hal tersebut untuk meminimalisir terdapatnya cacing di dalam kemasasan.

"Masyarakat harus memastikan dulu izin edar ikan kemasan yang dijual.  Mulai dari BPPOM atau Kemenkes. Perhatikan Tanggal kadarluarsa dari ikan kemasan tersebut. Jika sudah mendekati tanggal kadarluarsa, sebaiknya jangan dibeli," jelasnya.

Menurut Zaini, masyarakat harus menjadi konsumen cerdas dalam membeli produk kemasan. Jangan hanya tergiur harga relatif murah.

"Sekali lagi, jadilah konsumen yang cerdas dan biasakan diri untuk membaca sebelum membeli. Mulai dari tanggal kadaluarsa ikan kemasan, kemasan kaleng tidak rusak dan kualitas barang itu. Jangan mudah tergiur dengan harga murah dan sebagainya," tutupnya. (saf)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index