Identik dengan Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 7 Manfaat bagi Tubuh!

Identik dengan Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 7 Manfaat bagi Tubuh!
Ilustrasi mandi kembang (Foto: Mellissamullinsportraits)

Riauaktual.com - TIDAK bisa dipungkiri, kebanyakan masyarakat Indonesia umumnya ketika mendengar soal mandi kembang, pasti yang terlintas di pikiran adalah sebuah ritual berbau mistis. Misalnya saja sebagai salah satu ritual buang sial.

Terlepas dari imej ritual mistis yang melekat erat pada mandi kembang, biasanya bunga yang digunakan adalah kelopak mawar dan bunga-bunga harum lainnya. Ketahuilah, dari segi kesehatan dan kecantikan, rupanya mandi kembang menyimpan banyak manfaat lho!

Apa saja manfaat mandi kembang ini untuk tubuh? Dikutip Okezone, Sabtu (17/3/2018) dari berbagai sumber, baca dulu yuk di bawah ini pemaparan singkatnya.

Membuat kulit tubuh bersih dan halus

Mandi kembang biasanya tidak hanya melibatkan kelopak bunga mawar dan air mawar, tetapi juga bahan-bahan lainnya seperti minyak esensial mawar, aromatherapy, hingga masker susu yang di mana semua campuran bahan-bahan ini disebutkan dapat membantu untuk membuat kulit menjadi bersih dan halus, dengan begini kulit tidak lagi kusam sehingga kulit bisa sehat bercahaya.

Membantu menurunkan berat badan

Tahukah Anda, disebutkan bahwasanya kelopak mawar itu hadir dengan senyawa yang bisa meningkatkan metabolisme, selain membersihkan racun dari dalam tubuh, juga mampu membantu dalam penurunan berat badan.

Sebagai tabir surya untuk kulit

Tidak hanya punya kandungan senyawa yang meningkatkan metabolisme, kelopak bunga satu ini juga disebutkan sebagai salah satu sumber kaya vitamin C, maka dari itu kelopak mawar bisa bekerja sebagai tabir surya yang sangat baik.

Afrodisiak alami

Karena sifatnya sebagai afrodisiak alami, kelopak mawar efektif untuk membantu seseorang aktif secara seksual loh! Di mana hal ini hingga akhirnya mengendalikan jantung, pikiran dan sistem saraf dari diri seseorang.

Meredakan stres dan depresi

Berangkat dari rasa lelah dan stres, tubuh bisa jatuh sakit. Nah, mandi kembang pada dasarnya disebutkan bisa untuk melawan gejala ini, sehingga pikiran bisa jadi lebih tenang. Disebutkan, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Fisiologi dan Patologi Universitas Paraiba-Caixa, saat mandi kembang kita juga otomatis akan menghirup aromanya, sehingga menghasilkan efek sedatif, atau dengan kata lain hilangnya rasa cemas.

Mengusir jerawat di kulit

Mandi kembang bisa dijadikan sebagai salah satu upaya untuk mengusir jerawat di kulit secara alami. Selain melembapkan kulit, kelopak mawar punya kandungan sifat antibakteri yang membantu agar bisa mengeringan jerawat. Selain mengandung fenil etanol, yakni senyawa antiseptik sehingga membuat air mawar dari mandi kembang bisa bekerja efektif melawan jerawat yang ada.

Mengatasi wasir

Dengan kandungan senyawa yang dapat membantu proses pencernaan melalui pembuangan racun-racun dari dalam tubuh. Inilah mengapa mandi kembang dengan bunga mawar bisa membantu untuk mengatasi masalah wasir.


Sumber : okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index