Ilustrasi: Foto Shutterstock

Mau Usaha dengan Pinjam Uang? Perhatikan Hal Ini dengan Cermat

Kamis,15 Maret 2018 - 01:02:00 WIB Di Baca : 1746 Kali

Riauaktual.com - Merintis suatu usaha bisnis perlu selain memiliki tekad dan serius untuk menjalaninya, memiliki modal uang juga perlu diperhatikan. Ada baiknya buka lah usaha kecil yang tidak memerlukan modal yang besar.

Modal bisa dikatakan hal utama jika ingin membangun usaha. Tanpa modal, tidak akan ada usaha yang dibangun.

Loading...

Modal bisa didapatkan dari mana saja. Misalnya tabungan pribadi, harta warisan, pinjaman ke teman dekat, atau bahkan pinjaman dari bank.

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan modal berupa pinjaman, seperti carilah pinjaman kepada mereka yang lunak dan mudah bernegosiasi. Hal tersebut perlu diperhatikan jika suatu saat bisnis yang Anda jalani tidak berjalan lancar.

Lalu, buatlah suatu kerjasama yang membuat kedua belah pihak merasa diuntungkan, pilihlah opsi seperti bagi hasil atau kepemilikan saham usaha.

Bila pilihan Anda untuk meminjam modal ke sebuah institusi seperti bank, pastikan diri Anda bankable, artinya tidak di blacklist oleh bank karena mungkin punya tunggakan kartu kredit atau pun hutang kredit lainnya.

Selain itu, jika mengajukan pinjaman ke bank akan lebih mudah bagi Anda bila memiliki collateral atau jaminan.

Nah, dari semua hal-hal tersebut, bijaksana lah untuk memilih pinjaman, karena semua pinjaman yang Anda pilih sama-sama akan memudahkan di awal tetapi juga bisa membebani jika bisnis Anda tidak berjalan lancar.

 


Sumber : okezone.com


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com