Kapolri mendapat bintang kehormatan dari setiap matra TNI. (Foto: Puteranegara Batubara/Okezone)

Kapolri Terima Bintang Kehormatan dari Tiga Matra TNI

Rabu,14 Maret 2018 - 11:43:52 WIB Di Baca : 1778 Kali

Riauaktual.com  - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menerima tiga bintang kehormatan dari tiga matra TNI. Masing-masing Bintang Kartika Eka Paksi yang merupakan tanda kehormatan dari TNI Angkatan Darat (AD), Bintang Jalasena Utama dari TNI Angkatan Laut (AL), dan Bintang Swa Bhuwana Paksa dari TNI Angkatan Udara (AU).

Acara penyerahan bintang kehormatan itu dilaksanakan secara upara kemiliteran dan langsung dipimpin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Gedung Soedirman, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (14/3/2018).

Loading...

Hadi menjelaskan, pemberian penghargaan kepada Tito merupakan bentuk penghargaan atas kerja sama dan kordinasi dua institusi TNI-Polri dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai lembaga yang menjaga keamanan serta ketertiban.

"Kami berikan bintang kepada Kapolri. Tujuannya adalah TNI memberikan penghargaan atas kerja sama, sehingga TNI mampu melaksanakan tugas pokok dengan baik," kata Hadi usai menyematkan tanda kehormatan.

Ia melanjutkan, contoh kerja sama dan soliditas TNI-Polri dalam menjalankan tugas adalah saat penangkapan Kapal MV Sunrise Glory yang membawa narkotika jenis sabu seberat 1 ton di Perairan Batam. Penangkapan itu dimulai dari patroli TNI AL yang menggunakan KRI Sigurot-864.

"Itu pun dibuktikan ketika baru-baru ini menangkap satu kapal bawa 1 ton di Selat Philips berkat kerja sama TNI-Polri, sehingga TNI mampu melakukan tugas pokok dengan baik," ucap Hadi.

Sementara Tito menyatakan sangat bangga setelah mendapat tiga bintang kerhormatan dari setiap matra TNI. Menurut dia, hal tersebut semakin membuktikan bahwa selama ini TNI dan Polri solid satu sama lain.

"Saya dapat kehormatan, dirapel tiga bintang sekaligus, ini kebahagiaan luar biasa pribadi dan Polri. Ini bentuk penghargaan institusi TNI dan tentutnya dari matra darat, laut, dan udara ke Polri sekaligus simbolis tentang kerja sama dan koordinasi selama ini yang relatif baik," papar Tito di kesempatan sama.

Dalam penyematan tanda kehormatan ini, Marsekal Hadi Tjahjanto juga dianugerahi Bintang Kartika Eka Paksi yang merupakan tanda kehormatan dari TNI AD dan Bintang Jalasena Utama dari TNI AL.

Kegiatan tersebut dihadiri sejumlah pejabat tinggi TNI dan Polri, di antaranya KSAD Jenderal TNI Mulyono, KSAL Laksamana Ade Supandi, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, dan Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto.

 

Sumber : okezone.com


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com