Masuk Sekolah Butuh KK

Server Rusak, Cetak KK Terganggu

Server Rusak, Cetak KK Terganggu
Sekretaris Disdukcapil, Hermanto Yasin.

PEKANBARU (RA) - Memasuki tahun ajaran baru, banyak masyarakat yang melakukan pengurusan Kartu Keluarga. Hal ini dilakukan sebagai syarat utama dalam mendaftarkan anaknya di sekolah yang dituju, sebab peraturan sekolah, harus ada KK sebagai bukti wilayah tempatan atau tidak. Akan tetapi, saat diperlukannya KK tersebut, Dinas Pencatatan Sipil mengalami gangguan pada server, sehingga proses pencetakan KK terganggu.

"Sekarang sedang kita perbaiki, mungkin nanti sore sudah bagus lagi. Ini sudah banyak bahan yang mau dicetak, tinggal cetak saja lagi, tapi karena server rusak, makanya tertunda sementara waktu," ungkap Sekretaris Disdukcapil Kota Pekanbaru, Hermanto Yasin ketika ditemui RiauAktual.com di Kantor Disdukcapil, Rabu (27/6).

Karena banyaknya masyarakat yang meminta KK yang telah siap untuk diambil, akan tetapi tidak bisa karena server untuk program percetakan rusak, maka Disdukcapil hanya mengeluarkan surat keterangan saja. Namun tidak semua sekolah yang menerima kondisi tersebut.

"Banyak juga yang dikembalikan lagi karena sekolah tak ingin surat keterangan, tapi sekolah inginkan KK asli. Bagaimana pula kita keluarkan KK asli, untuk cetaknya saja sekarang terkendala," jelasnya lagi.

Ditambahkan Hermanto, kepada pihak sekolah diminta agar memahami kondisi saat ini, karena server rusak, makanya KK masyarakat tersebut tak dapat dicetak, namun Disdukcapil telah mengeluarkan surat keterangan, seharusnya surat tersebut bisa mewakili KK yang sedang diurus.

"Harus ada toleransi pihak sekolah, karena surat keterangan itu baru dibuat, tak mungkin ada yang palsu. Kalau mau KK asli juga, kan bisa diminta pada saat KK sudah selesai dicetak," pungkasnya. (RA1)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index