Jokowi dan SBY Saling Puji, Sinyal Koalisi Pilpres 2019

Jokowi dan SBY Saling Puji, Sinyal Koalisi Pilpres 2019
Jokowi dan SBY di sela-sela pembukaan Rapimnas Partai Demokrat di Bogor (pojoksatu)

Riauaktual.com - Sinyal Partai Demokrat akan mendukung Jokowi sebagai calon presiden pada 2019 menguat dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Sabtu (10/3).

Rapat tersebut dihadiri Presiden Jokowi. Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu diberikan mandat untuk memberikan sambutan.

Di hadapan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta ribuan kader partai Demokrat, Jokowi menyebut dirinya seorang demokrat. Jokowi pun mengaku heran lantaran masih ada pihak yang menudingnya seorang pemimpin otoriter.

Padahal, Jokowi merasa tidak memiliki tanda-tanda sebagai pemimpin yang sewenang-wenang.

“Saya heran saja, kenapa kok dibilang otoriter. Menurut saya enggak ada potongan sama sekali pemimpin otoriter. Penampilan saya kan juga tidak sangar,” ujar Jokowi.

Bahkan, Jokowi mengaku selalu tersenyum saat beraktivitas. Karena itu mantan gubernur DKI tersebut berani mengklaim bukan seorang pemimpin otoriter.

“Ke mana-mana selalu tersenyum, makanya saya berani bilang saya bukan pemimpin otoriter, saya ini seorang demokrat,” ucapnya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, ciri-ciri seorang demokrat antara lain bisa menjadi pendengar yang baik. Selain itu, seorang demokrat juga menghargai pendapat orang lain dan perbedaan yang ada.

“Artinya, saya dan Pak SBY ini beda-beda tipis banget. Kalau saya seorang demokrat, Pak SBY tambah satu, yaitu ketua Partai Demokrat. Jadi tipis sekali,” pungkas Jokowi disambut aplaus kader PD.

Sementara itu, Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutannya mengatakan, dia telah meminta kader partainya mendukung penuh program yang dipersiapkan dan akan dilaksanakan pemerintahan Jokowi.

“Bapak (Jokowi) bukan hanya kepala negara tapi juga pemimpin Indonesia, pemimpin kami semua,” ujar SBY yang disambut tepuk tangan oleh peserta Rapimnas.

SBY juga berbicara tentang capres-cawapres yang bakal diusung partainya. Pengalaman koalisi partainya juga dipaparkan SBY dihadapan Jokowi.

Menurut SBY, koalisi partai politik dalam konteks Pilpres harus ada kesamaan platform dan penyusunan agenda ke depan secara bersama-sama.

“Harus muncul respect dan trust. Ini sangat penting. Koalisi masalah hati. Demokrat siap membangun koalisi seperti itu,” katanya.

 

Sumber : pojoksatu.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index