Tim gabungan saat melakukan pemadaman karhutla di Kampung Penyengat, Sungai Apit, Siak, Rabu (21/2/2018). Foto Humas Polres Siak

Lahan Gambut di Siak Terbakar Lagi, Tim Buat Parit Agar Api Tak Meluas

Kamis,22 Februari 2018 - 11:39:58 WIB Di Baca : 2214 Kali

Riauaktual.com - Lahan gambut dengan luas sekitar lima hektar terbakar di Kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau.

Hingga pagi ini, Kamis (21/2/2018), petugas gabungan masih melakukan pendinginan, agar tidak menimbulkan asap.

Loading...

Kapolres Siak, AKBP Barliansyah mengatakan, kebakaran lahan ditemukan sekitar pukul 07.00 WIB, Rabu (21/2/2018) kemarin. Kondisi api saat itu cukup besar.

"Lahan ini belum kita ketahui siapa pemiliknya. Di dalam lahan terdapat semak belukar dan tanah gambut," kata Barliansyah.

Dia mengatakan, pemadaman dilakukan  oleh tim gabungan terdiri dari Koramil dan Polsek Sungai Apit, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), Damkar, PT RAPP dan PT Arara Abadi. 

"Sekitar 50 orang kekuatan untuk memadamkan api, yang dibantu 7 mesin pompa air," kata Barliansyah.

Selain itu, satu unit alat berat excavator diturunkan untuk membuat parit disekeliling lahan yang terbakar, supaya api digambut tidak menjalar.

"Api sudah berhasil dipadamkan. Petugas melanjutkan pendinginan. Tim juga membuat sumur secara manual untuk mendapatkan sumber air," kata Barliansyah.

Dia menyebutkan, dalam pemadaman karhutla tersebut dipimpin Kapolsek Sungai Apit, AKP Hendrix dan Danramil Sungai Apit, Kapten Inf Sinaga dan Camat Sungai Apit, Suparni.

"Berkat kekompakan tim gabungan, api cepat teratasi. Namun asap masih muncul hingga malam harinya. Pagi ini masih kita lanjutkan pemadaman dan pendinginan," akuinya.

Sementara itu, kata Barliansyah, lahan 'tidur' lima hektar tersebut belum diketahui siapa pemiliknya, sehingga dilakukan penyelidikan oleh kepolisian.

"Pemilik lahan masih kita cari. Kita koordinasi dengan semua pihak terkait," tegas mantan Kapolres Kepulauan Meranti itu.

8 Hotspot Terdeteksi Pagi Ini

Sementara itu, Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi 8 hotspot (titik panas) di sejumlah wilayah di Provinsi Riau.

Diantaranya, Siak 1 titik, Rohil 2 titik, Bengkalis 1 titik, Pelalawan 1 titik dan Dumai 3 titik. 

Dari titik panas yang ditemukan ini confidence diatas 70 persen atau yang sudah merupakan titik panas terdapat di Rohil, Siak, Dumai dan Bengkalis masing-masing 1 titip api. (IG)

 


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com