Pebalap Malaysia Cetak Sejarah, Resmi Jadi Rekan Setim Johann Zarco

Pebalap Malaysia Cetak Sejarah, Resmi Jadi Rekan Setim Johann Zarco
Twitter/MotoGP Hafizh Syahrin

Riauaktual.com - Pebalap asal Malaysia, Hafizh Syahrin, resmi menjadi rekan setim Johann Zarco di Yamaha Tech3 MotoGP untuk musim balap 2018. Pebalap berusia 23 tahun itu mencapai kesepakatan dengan tim dan menciptakan sejarah.

Ya, Hafizh menjadi pebalap Malaysia pertama atau bahkan pebalap Asia Tenggara pertama yang akan berlaga satu musim penuh di ajang balap sepeda motor paling populer sejagat.

Syahrin menggantikan Jonas Folger yang mengundurkan diri karena terkena penyakit sindrom gilbert. Bos Tech3, Herve Poncharal, menyebut Syahrin adalah solusi terbaik yang dimiliki timnya untuk menggantikan Folger.

"Kami harus meyakinkan semua orang di sekitar kami bahwa Syahrin akan menjadi pebalap MotoGP yang baik. Oleh karena itu, kami memberinya tugas berat selama tiga hari tes di Buriram. Pada akhirnya, dia melakukan pekerjaan luar biasa dan memenuhi misinya," ujar Poncharal dikutip dari Autosport.com.

Syahrin pun sebenarnya bukan anak kemarin sore. Dia sudah memiliki pengalaman berkompetisi pada ajang Moto2 dalam kurun waktu cukup lama, yakni 2011-2017. Pencapaian terbaiknya menempati posisi kesembilan pada klasemen akhir Moto2 2016. Tahun lalu, dia berada di posisi ke-10 dengan koleksi 106 poin.

Pada hari ketiga tes pramusim MotoGP di Sirkuit Buriram, Thailand, Syahrin mencatatkan waktu putaran 1 menit 31,537 detik, atau lebih cepat 1,6 detik dari hari pertama. Memang, catatan waktu itu masih berada di deretan belakang, tapi sudah sangat baik karena menjadi pengalaman pertama.

"Yamaha dan semua orang di Tech3 senang dengan performa Syahrin. Saya sangat bangga memberikannya kesempatan, dan saya tahu ini akan menjadi sesuatu yang bersejarah karena dia adalah pebalap Malaysia pertama yang membalap penuh pada MotoGP," kata Poncharal.

Syahrin dan pebalap lain di MotoGP masih akan menjalani tes pramusim terakhir di Sirkuit Losail, Qatar, pada 1-3 Maret 2018 mendatang.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index