Wakil Bupati Meranti Buka Musrenbang Kecamatan Rangsang Pesisir

Buka Akses Daerah Tingkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

Rabu,21 Februari 2018 - 11:17:08 WIB Di Baca : 2072 Kali

Riauaktual.com - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Said Hasyim membuka sekaligus mengikuti acara Musrenbang Kecamatan Rangsang Pesisir, kegiatan dalam rangka merumuskan usulan program strategis Desa dan Kecamatan dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan masyarakat itu dipusatkan di Aula Kantor Camat Rangsang Pesisir, Rabu (21/2/2018).

 

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Bappeda Meranti H. Makmun Murod, Camat Rangsang Pesisir Muhammad Nasir A.Ma.Pd, Kepala Dinas/Badan dilingkungan Pemkab. Meranti, 12 Kepala Desa Se-Kecamatan Rangsang Pesisir, Tokoh Masyarakat/Agama/Pemuda dan lainnya.

Loading...

Dalam penjelasannya, diharapkan Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, melalui usulan program prioritas dalam Musrenbang Kecamatan ini dapat menuntaskan berbagai masalah real pembangunan Kecamatan. Menurutnya masyarakat tidak dapat menunggu untuk yang menggunakan anggaran kecil disarankan Wakil Bupati H. Said Hayim dapat dihandel oleh Desa melalui ADD dan untuk yang besar dapat di tangani oleh OPD dan APBD Provinsi serta APBN.

Kepada seluruh Kepala OPD yang hadir tak bosan bosanya Wakil Bupati, meminta untuk melaksanakan program sesuai dengan kondisi real di Desa dan Kecamatan dan benar benar menjadi kebutuhan, tidak hanya hayalan dari data-data diatas meja. Sesuai dengan mekanisme nantinya aspirasi itu disusun dalam program prioritas OPD yang harus diseleraskan dengan pokok fikiran dan arahan Kepala Daerah yang tercantum dalam visi dan misi Kepala Daerah saat mencalon diri.

Lebih jauh dikatakannya, Musrenbang merupakan forum yang sangat peting dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan yang baik disuatu wilayah. Dengan perencanaan yang tepat dan terukur juga akan berdampak pada perolehan nilai SAKIP Meranti. Seperti diketahui ditahun 2017 lalu Kabupaten Meranti meraih nilai SAKIP B, dan untuk tahun depan Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si menargetkan nilai SAKIP Meranti A. Menurut Wakil Bupati H. Said Hasyim semua Kepala OPD harus mampu menangkapnya dengan menuangkannya dalam program prioritas strategis sehinhga lebih tepat sasaran atau memiliki Input, Output dan Outcomenya yang jelas dan terukur.

Pada kesempatan itu dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Rangsang Barat, Wakil Bupati H. Said Hasyim berharap kepada Dinas Pendidikan untuk membangun sekolah yang represntatif, jika perlu sama dengan sekolah yang berada di negara tetangga. Kondisi yang terjadi saat ini di Meranti jumlah sekolah banyak tapi murid tak ada masalah ini menurutnya harus diperbaiki. Wakil Bupati juga mengingatkan jangan sampai disebuah Desa ditemukan masyarakat yang kekurangan gizi, tidak sekolah dan lainnya.

Untuk memaksimalkan potensi perkebunan Kelapa khususnya di Rangsang Barat, Wakil Bupati berharap kedepan di Meranti memiliki pabrik pengolah turunan kelapa dan tidak lagi menjual kelapa bulat, tapi sudah mampu memproduksi turunannya sehingga potensi perkebunan kelapa Meranti yang luasannya mencapai 6000 Ha lebih memiliki nilai tambah untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Terakhir ia mengingatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberi perhatian serius memperbaiki ekosistem Mangrove di Rangsang Pesisir, yang disebut Wakil Bupati H. Said Hasyim berkelas dunia jika dikelola dengan baik. Dan kepada Dinas Pariwisata untuk mengelola potensi Mangrove yang ada di Kecamatan Rangsang Pesisir untuk menggesa sektor Pariwisata.

Pada kesempatan itu, Kepala Bappeda Kepulauan Meranti dalam pemaparannya, mengatakan Kecamatan Rangsang Pesisir sudah menjadi kawasan strategis Nasional, dan strategis Nasional tertentu, menurut Kepala Bappeda peluang ini hendaknya dapat dijadikan dasar untuk mengejar dana APBN dalam rangka mengejar ketertinggalan pembangunan. Adapun beberapa peluang yang bisa diraih sudah tercatat dalam sasaran prioritas Nasional, tinggal lagi seberapa besar keseriusan dari kepala OPD untuk mengejar dana APBN tersebut.

Seperri diketahui Rangsang Pesisir memiliki potensi perkebunan yang luas seperti Perkebunan Sagu, Kopi Liberika 1000 He lebih, Kelapa 6000 Ha, Pinang dan lainnya. Memiliki jumlah penduduk sebanyak 17 ribu jiwa yang tersebar di 12 Desa.

Dalam penjelasannya pada Musrenbang tersebut, Camat Rangsang Pesisir Muhammad Nasir A.Ma.Pd, mengatakan, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nelayan didaerahnya pihak Kecamatan  telah memasukan usulan pengadaan jaring apung ke Dinas Perikanan Provinsi Riau, saat ini usulan itu tengah dalam proses penyaluran sebanyak 2800 unit, diharapkan alat ini akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Nelayan di Kecamatan Rangsang Pesisir.

Sekedar informasi, dalam Musrenbang tersebut Kecamatan Rangsang menargetkan peningkatan kualitas dan kwantitas jaringan tranportasi sarana dan prasarana perhubungan, sarana dan prasarana perumahan, sarana air bersih, penyediaan dan pelayanan pasokan lisrik.

Adapun usulan Desa, Kecamatan meliputi pembibitan Mangrove di Desa Kesabu Rapat, Tanah Merah, Telesung, Tenggayun Raya, Tanjung Kedabu. Penggilingan Padi di Kecamatan Rangsang Pesisir. Semenisasi di Kecamatan Rangsang Pesisir, semenisasi jalan poros menuju Tanah Merah di Desa Sonde. Batu pemecah ombak, Base jalan poros, semenisasi di Desa Tanah Merah. Base jalan di Desa Kayu Ara. Semenisasi, pembangunan body jalan, di Desa Bunggur.
Pembangunan Turap, pintu clip, jembatan perbatasan di Desa Tanjung Kedabu. Rehat total jalan nibung, pembangunan kantor SDN 011 di Desa Sendaur. Perluasan jalan, semensiasi, pembangunan Turap di Kedabu Rapat. Semenisasi jalan poros di Desa Sokop. Semenisasi, jembatan di Desa Bina Sempian. Pembangunan tanggul, jalan poros di Desa Beting.

Semenisasi, jembatan, kantor desa di Desa Telesung. Base jalan, semenisasi di Desa Tenggayun. Pembangunan dermaga, jembatan di Desa Kayu Ara. Pembangunan ruang rawat Inap Puskemas, Pembangunan tower Wifi di Kecamatan Rangsang Pesisir. (Humas Meranti)

 


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com