ilustrasi

Sejarah Teknologi Hair Dryer Sejak 1890 hingga Saat Ini

Selasa,20 Februari 2018 - 20:22:06 WIB Di Baca : 1992 Kali

Riauaktual.com - Hair dryer atau pengering rambut adalah alat pokok yang hampir setiap rumah tangga membutuhkan untuk menata rambut, terutama perempuan. Sebelumnya, laki-laki dan perempuan menggunakan vacuum cleaner untuk mengeringkan rambut.

Dilansir dari Curious History, Alexander Godefroy menemukan pengering rambut di Prancis pada tahun 1890 dan tersedia untuk penjualan secara komersial di 1920. Hair dryer pertama adalah bonnet atau hooded yang mengharuskan pengguna duduk di bawahnya. Selain itu hooded dryer pertama ialah terhubung ke kompor gas atau pipa cerobong asap yang panas. Sampai kini hooded dryer masih populer di berbagai salon.

Loading...

Pengering rambut pertama dipatenkan oleh Gabriel Kanzajian di Amerika pada 1911. Pengering rambut portabel mampu dijual ke publik sekira 1915 dengan berat rata-rata dua kilogram dan sedikit sulit dioperasikan.

Hair dryer portabel cukup berbahaya karena rawan akan tersengat listrik dan overheating. Alat tersebut juga tidak cukup efisien karena awalnya hanya memiliki kapasitas 100 watt, lalu sebuah kemajuan dengan hair dryer modern yang memiliki kapasitas rata-rata 1.800 watt dan beberapa model lain yang menyediakan lebih dari 2.000 watt.

Seiring berjalannya waktu, pengusaha hair dryer mampu meningkatkan watt dan menghasilkan hair dyer yang jauh lebih ringan dari sebelumnya. Sebagai contoh adalah Sedu hair dryer. Selama berinovasi sepanjang 1960 di industri plastik, memungkinkan suatu perusahaan memproduksi hair dryer yang lebih ringan dengan mesin yang bergerak di dalam casing.

Selama berinovasi di 1970, dilakukan pengamanan untuk hair dryer. Konsumer Product Safety Commission menetapkan peraturan yang harus diikuti oleh perusahaan dalam produksi pengering komersial.

Tahun 1991 Undang-undang di AS meminta agar pengering tersebut menggunakan alas untuk mencegah terjadinya sengatan listrik jika seseorang menggunakan dalam keadaan basah. Karena peraturan itulah tingkat kematian yang disebabkan pengering portabel menurun di abad ke-20, dari ratusan insiden menjadi empat insiden dalam setahun.

Kini pengering rambut sudah semakin membaik dengan teknologi yang inovatif termasuk turmalin dan pengering ionik dengan pengaturan panas dan kecepatannya. Pengering kali ini bahkan bisa mengeringkan rambut dari dalam ke luar dengan mengurangi jumlah statis di rambut dan memecahkan molekul air dengan waktu pengeringan yang lebih cepat. (Wan)

 

Sumber: okezone.com


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com