Motor Listrik Super Buatan India, 0-100 Kpj Cuma 3 Detik

Motor Listrik Super Buatan India, 0-100 Kpj Cuma 3 Detik
Emflux Model One meluncur di Delhi Auto Expo, Kamis (8/2/2018).(KOMPAS.com/FEBRI ARDANI)

Riauaktual.com - Perusahaan start-up di bidang teknologi asal India, Emflux Motors, memperkenalkan prototipe sepeda motor listrik Model One di Delhi Auto Expo, berapa waktu lalu. Model genre sport-fairing yang punya desain futuristik itu bakal menuju produksi massal pada 2019.

Rupa Model One seolah sengaja dibuat seperti superbike asal Jepang atau Italia. Namun tentu saja di balik fairing bukanlah mesin mekanis yang jelimet, melainkan motor listrik buatan sendiri, AC Induction dengan pendingin cairan.

Tenaga yang dihasilkan 60 kW namun dibatasi elektronik hanya 53 kW (70 tk), sementara torsinya 84 Nm tetapi dibatasi juga cuma 75 Nm. Motor listrik itu mendapatkan suplai tenaga dari baterai berkapasitas 9,7 Kwh yang dikembangkan Samsung.

Seluruh kemampuan itu sanggup melontarkan Model One yang seberat 200 kg dari 0 – 100 kpj hanya dalam 3 detik. Kecepatan maksimumnya 200 kpj dan sanggup dipakai sejauh 200 km dengan baterai terisi penuh.

Emflux Motors menjelaskan baterai bisa diisi dari kosong sampai 80 persen selama 36 menit menggunakan fast charger. Bila menggunakan colokan listrik rumahan, butuh waktu tiga jam.

Model One dirancang di atas sasis tubular baja tralis. Suspensi depan mengandalkan upside down balap merek Ohlins. Menariknya, swing arm cuma ada di sebelah kiri yang ditempeli monoshock tabung gas.

Tenaga dari motor listrik mengalir ke ban belakang menggunakan rantai. Sistem pengereman depan Brembo monoblock 4-piston radial dengan cakram ganda 300mm dan ABS. Pengereman belakang Brembo 220mm.

Bukan cuma canggih soal teknologi penggerak, Model One juga dilengkapi fitur kekinian. Instrumen cluster merupakan gadget layar TFT 6,8 inci dengan sistem GPS, Bluetooth, WiFi, dan diagnosa langsung. Tersedia aplikasi yang bisa digunakan untuk mengubah macam-macam setingan.

 


Sumber : kompas.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index