Kembali ke Jalur Kemenangan, Barcelona Tekuk Eibar 2-0

Kembali ke Jalur Kemenangan, Barcelona Tekuk Eibar 2-0
Luis Suarez memperdaya kiper Eibar Marko Dmitrovic (Vincent West/Reuters)

Riauaktual.com - Barcelona kembali ke jalur kemenangan di La Liga. Blaugrana memetik poin penuh usai menekuk tuan rumah Eibar dengan skor 2-0.

Dalam lanjutan La Liga di Ipurua, Eibar, Sabtu (17/2/2018), Barca memimpin 1-0 hingga turun minum. Gol pemecah kebuntuan dicetak Luis Suarez pada menit ke-16.

Meski Eibar harus bermain dengan 10 orang usai Fabian Orellana diganjar kartu merah di babak kedua, Barca kesulitan mencetak gol tambahan. Gol kedua mereka baru datang ketika waktu normal tersisa dua menit lewat kaki Jordi Alba.

Barca sebelumnya sempat mendapatkan dua hasil seri secara beruntun di La Liga setelah ditahan imbang Espanyol 1-1 dan Getafe 0-0.

Berkat kemenangan ini, Barca mengumpulkan 62 poin dari 24 pertandingan dan duduk di puncak klasemen sementara La Liga. Mereka unggul sepuluh poin atas Atletico Madrid yang jadi pesaing terdekat. Eibar menghuni peringkat ketujuh dengan 35 poin.

Jalannya Pertandingan

Eibar mencoba mengambil inisiatif serangan pada menit-menit awal. Tim tuan rumah lebih banyak menguasai bola dan mendapatkan beberapa peluang.

Sundulan Jose Angel pada menit kedua masih melenceng. Berselang enam menit, sepakan Kike Garcia masih bisa diamankan oleh kiper Barca, Marc-Andre ter Stegen.

Peluang lainnya untuk Eibar datang di menit ke-13. Tapi, sundulan Ivan Ramis meneruskan sepak pojok Orellana dengan mudah ditangkap oleh Ter Stegen.

Akan tetapi, di tengah tekanan Eibar, Barca justru berhasil unggul 1-0 melalui gol Suarez pada menit ke-16. Gol ini tak lepas dari kecerdikan Lionel Messi, yang mengirimkan umpan terobosan menyilang ke arah Suarez.

Suarez langsung berhadapan dengan kiper Eibar, Marko Dmitrovic, dan tak kesulitan untuk mengecohnya. Striker asal Uruguay itu mengakhiri aksinya dengan menceploskan bola ke gawang kosong.

Berselang tiga menit, Eibar nyaris menyamakan skor. Tapi, sepakan jarak jauh Orellana cuma mengenai mistar gawang.

Paulinho berpeluang memperbesar keunggulan Barca pada menit ke-33. Tapi, sundulannya terlalu lemah dan tak menyulitkan Dimitrovic.

Messi nyaris mencetak gol kedua Barca lima menit kemudian. Usai mendapatkan operan dari Suarez, bintang asal Argentina itu melepaskan tembakan melengkung, tapi bola cuma mengenai tiang gawang.

Skor tak berubah hingga turun minum. Barca masih memimpin 1-0 atas Eibar.

Eibar punya kans untuk menyamakan skor melalui Takashi Inui pada menit ke-57. Tapi, tembakan Inui meneruskan umpan Orellana masih melebar.

Saat berusaha mencetak gol balasan, Eibar malah kehilangan satu pemainnya. Orellana harus meninggalkan lapangan pada menit ke-66 usai menerima kartu kuning kedua.

Meski kalah jumlah pemain, Eibar tak menyerah begitu saja. Mereka mencoba menekan Barca dengan 10 pemain.

Messi berpeluang menggandakan keunggulan Barca di menit ke-80. Dia mencoba menaklukkan Dmitrovic dengan me-lob bola, tapi kiper Eibar itu bisa membacanya.

Aleix Vidal juga gagal memanfaatkan sebuah kesempatan emas. Dia berhadapan satu lawan satu dengan Dmitrovic, tapi penyelesaiannya digagalkan.

Barca baru bisa mencetak gol kedua di menit ke-88 melalui kaki Jordi Alba. Alba menyambar bola muntah setelah sontekan Messi dihalau oleh Dmitrovic.

Susunan Pemain
Eibar: Dmitrovic; Pena, Ramis (Lomban 46'), Arbilla, Angel; Dani Garcia, Diop (Escalante 74'); Orellana, Jordan (Charles 83'), Inui; Kike Garcia.

Barcelona: Ter Stegen; Roberto (Semedo 90'), Pique, Umtiti, Alba; Rakitic, Busquets, Iniesta (Coutinho 63'); Paulinho (Vidal 74'); Messi, Suarez.

 

 

Sumber : detiksport

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index