Christiano Ronaldo Serukan Dukungan Untuk Pengungsi Rohingya dan Galang Dana

Christiano Ronaldo Serukan Dukungan Untuk Pengungsi Rohingya dan Galang Dana
ronaldo pemain terbaik 2014. ©AFP PHOTO/Marwan Naamani

Riauaktual.com - Pemain sepak bola ternama asal Portugal, Christiano Ronaldo, secara terbuka mendesak masyarakat internasional untuk memberi dukungan kepada pengungsi Rohingya yang melarikan diri dari Negara Bagian Rakhine, Myanmar.

"Satu dunia, di mana kita semua menyayangi anak-anak kita," tulis Ronaldo di akun Twitternya, dikutip dari laman Independent, Jumat (16/2).

Dalam unggahannya itu, Ronaldo juga menyematkan fotonya dan tiga putranya, serta seorang pria Rohingya yang tengah menggendong anaknya di kamp pengungsian Rohingya di Cox Bazar, Bangladesh.

Untuk menunjukkan kepeduliannya, Ronaldo pun menyertakan sebuah halaman penggalangan dana daring 'Save the Children' untuk anak-anak pengungsi Rohingya. Pemain depan Real Madrid itu memang menjadi duta besar untuk organisasi nirlaba internasional tersebut, bersama dengan selebritas lain seperti Jennifer Garner dan Dakota Fanning.

Badan amal tersebut akan memberikan sumbangan dana yang telah diberi donatur untuk menyediakan sebanyak mungkin kebutuhan para pengungsi mulai dari air, makanan, dan tempat tinggal.

Penggalangan dana tersebut dinilai sangat tepat ditujukan bagi anak-anak. Sebabnya, Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan bahwa setengah dari hampir satu juta orang di kamp pengungsian Bangladesh adalah anak-anak.

Kondisi kamp pengungsian yang jauh dari kata baik, menyebabkan anak-anak berisiko terkena malnutrisi para dan wabah penyakit.

Sebagaimana diketahui, sebanyak 688.000 pengungsi Rohingya meninggalkan Rakhine saat pasukan militer melakukan operasi pembersihan yang diklaim untuk melawan Tentara Penyelamat Rohingya Arakan (ARSA). Namun, yang terjadi sesungguhnya adalah para tentara melakukan pembunuhan massal, pemerkosaan dan pembakaran rumah di desa penduduk Muslim Rohingya. (Wan)

 

Sumber: merdeka.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index