Baliho Polda Riau dalam menyampaikan imbauan kepada masyarakat. Foto Humas Polda Riau

Tim Satgas Siap Awasi Politik Uang Selama Pilkada di Riau

Rabu,14 Februari 2018 - 21:14:09 WIB Di Baca : 2004 Kali

Riauaktual.com - Polda Riau telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Politik Uang (Money Politic), untuk mengantisipasi kecurangan dalam pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau dan Pemilihan Bupati Indragiri Hilir (Inhil).

"Tim Satgas sudah bekerja, memantau aktivitas pasangan calon maupun tim sukses sebelum memasuki masa kampanye," kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, Rabu (14/2/2018).

Loading...

Dia menjelaskan, Tim Satgas Politik Uang terdiri dari Polri, TNI, POM, Kejaksaan dan Bawaslu Riau.

Tim ini, kata Guntur, akan memantau segala kegiatan politik paslon gubernur dan wakil gubernur Riau dan calon Bupati Inhil.

"Jika nanti kita temukan kampanye uang, maka pelaku pasti kita proses sesuai tindakan pidana yang dilakukan. Kita kan ada Gakkumdu," tegas Guntur.

Oleh karena itu, Tim Satgas siap mengawasi pelaku-pelaku yang melakukan praktik politik uang semasa pilkada.

Selain Satgas Politik Uang, lanjut Guntur, Polda Riau juga telah membentuk Satgas Nusantara. Tim ini akan memantau kegiatan paslon selama pilkada.

"Satgas Nusantara melibatkan Dit Intelkam, Bid Humas, Dit Binmas dan Dit Krimsus Polda Riau. Tim ini memantau informasi di media sosial (Medsos), yang berkaitan dengan kampanye hitam, informasi hoax, unsur sara dan ujaran kebencian (hate speech). Ini harus dihindari," terang Guntur.

Pihaknya mengimbau, seluruh masyarakat di Riau agar tidak mudah terprovokasi terhadap sebuah informasi dalam pelaksanaan Pilkada 2018.

"Kita jangan sampai terpecah belah. Harusnya kita menjaga situasi agar pilkada di Riau aman dan damai," kata Guntur mengajak.

Sementara itu, Polda Riau saat ini sedang gencar memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas selama pilkada 2018. Bahkan Polda Riau juga memasang baliho imbauan.

Sebelumnya, Minggu (11/2/2018) malam Polda Riau bersama KPU dan Bawaslu juga telah mengadakan Tablih Akbar yang menghadirkan Ustaz Abdul Somad di halaman Masjid Agung An Nur Pekanbaru, untuk mensosialisasikan pilkada aman dan damai.(IG)

 

 

 


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com