Saat Berlibur di Indonesia, Turis Mana yang Paling Banyak Keluar Uang?

Saat Berlibur di Indonesia, Turis Mana yang Paling Banyak Keluar Uang?
(foto: kompas.com)

Riauaktual.com - Sejak beberapa tahun lalu memang tercatat turis asing dari Tiongkok yang paling banyak datang ke Indonesia. Namun ternyata bukan mereka yang paling banyak mengeluarkan uang per individunya.

Dari data Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI,  yang paling banyak mengeluarkan uang saat mengunjungi Indonesia justru dari Timur Tengah.

Mengutip dari siaran pers Kementerian Pariwisata, yang diterima KompasTravel, Jumat (9/2/2018), pasar Timur Tengah (Timteng) dari sisi pengeluaran per turis asing tercatat tertinggi di antara pengeluaran turis asing dari 14 pasar utama lainnya.

Pengeluaran turis asing Timteng perorangnya mencapai 1.918 dollar Amerika Serikat per kunjungan. Jumlah ini mengalahkan wisatawan dari Eropa sebesar 1.538 dollar Amerika Serikat per turis asing per kunjungan. Juga wisatawan dari Tiongkok yang mengeluarkan 1.019 dollar Amerika Serikat tiap turis asingnya per kunjungan.

Jika diurutkan berarti tiga besar turis asing yang mengeluarkan uang paling banyak saat berwisata ke Indonesia ialah Timur Tengah, Eropa, lalu Tiongkok.

Namun demikian, bila dihitung dari sisi spread (spending) total pendapatan devisa dari wisatawan Timteng hanya sebesar 402 juta dollar Amerika Serikat. Hal ini karena jumlah kunjungan turis asing dari Timur Tengah ke Indonesia relatif masih kecil pada periode Januari-November 2017 hanya 209.963 turis asing.

Sementara jumlah kunjungan dari turis asing dari Tiongkok dalam periode yang sama mencapai 1,9 juta turis asing, sedangkan Eropa 1,7 juta turis asing. (Wan)

 

Sumber: kompas.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index