Hadiri Acara Coklit di Riau, Ini Pesan Ketua Bawaslu RI

Hadiri Acara Coklit di Riau, Ini Pesan Ketua Bawaslu RI
Ketua Bawaslu RI, Abhan, Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan dan Ketua Panwaslu Kota Pekanbaru, Indra Khalid saat meninjau acara jelajah pengawasan Cokl

Riauaktual.com - Ketua Bawaslu Republik Indonesia, Abhan, menghadiri acara jelajah pengawasan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang diadakan Bawaslu Riau di Kecamatan Tampan, Pekanbaru, Riau, Minggu (11/2/2018).

Dalam kegiatan ini, Abhan menyaksikan langsung pemasangan stiker coklit ke rumah warga oleh petugas KPU Kota Pekanbaru.

Untuk pencoklitan ini, Abhan meminta seluruh petugas Bawaslu Riau dan Bawaslu Pekanbaru, agar aktif melakukan pengawasan di lapangan.

"Kita harus awasi secara bersama.  Panwaslu kelurahan/desa aktif bersama PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) di lapangan guna memastikan seluruh warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih, terdaftar sebagai daftar pemilih tetap (DPT)," pinta tegas Abhan.

Di samping itu, Abhan meminta petugas panwaslu pengawas pemilu mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga kelurahan/desa mengawasi politik uang dalam kampanye pilkada/pemilu yang biasa dibungkus dengan kegiatan keagamaan.

"Terutama yang kita awasi pada Ramadhan nanti. Karena kegiatan keagamaan ini rawan disisipi dengan agenda politik," katanya.

Oleh karena itu, kata Abhan, petugas pengawas pemilu/pilkada harus menyiapkan srtategi khusus dalam mengawasi kampanye dalam kegiatan keagamaan.

"Seluruh petugas harus aktif mengawasi," pintanya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan jelajah pengawasan coklit bersama Ketua Bawaslu RI itu.

"Kita beri apresiasi kepada Panwslu Kota yang dalam waktu singkat bisa menyelenggarakan kegiatan ini," ucap Rusidi.

Dia berharap, petugas agar meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan Pilgubri 2018 hingga Pemilu 2019 mendatang.

Namun kata Rusidi, ada yang perlu diingat bahwa pengawasan dilakukan bukan untuk mencari kesalahan penyelenggaran pilkada/pemilu.

"Kita ini bagaimana memastikan semua tahapan pilkada/pemilu berlangsung aman dan lancar," tutupnya. (IG)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index