4 Fakta Rencana Struktur Baru Gaji PNS

4 Fakta Rencana Struktur Baru Gaji PNS
ilustrasi (int)

Riauaktual.com -  Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) berencana untuk mengubah struktur gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat ini. Pasalnya struktur gaji PNS yang tengah diterapkan ini dianggap tidak seimbang.

Pada struktur gaji PNS yang saat ini, tunjangan(tukin) lebih besar dari gaji pokok yang diperoleh. Sehingga, diperlukan perluasan perubahan struktur untuk meningkatkan kesejahteraan PNS.

Berikut 4 Fakta menarik wacana pengubahan strukturisasi gaji PNS yang dikutip dari Okezone yang merangkum :

1. Aturan Perubahan Struktur Gaji PNS Rampung Tahun Ini

Pola perubahan struktur gaji PNS tahun ini sedang dalam pembahasan antar lintas Kementerian, antara Kementerian Keuangan dan Kemenpan-RB. Bahkan rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang perubahan struktur gaji PNS akan segera diajukan kepada Presiden Joko Widodo

Menteri Pan-RB Aan Abnur mengatakan pihaknya menargetkan RPP tentang perubahan gaji PNS ini akan selesai pada tahun 2018. Sehingga aturan ini bisa mulai diberlakukan pada akhir tahun 2018. "Ditargetkan tahun 2018 ini selesai. Semuanya masih dalam pembahasan," ujar Asman.

2. Struktur Gaji PNS Baru Akan Mengacu Sistem Merit

Nantinya skema struktur gaji PNS akan berdasarkan sistem merit, yakni berbasis kualifikasi, kompetensi dan kinerja. Adapun sistem merit sesuai dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara Nomor 5 Tahun 2014.

Dia menjelaskan, penghasilan PNS akan dihitung berdasarkan gaji dan tunjangan. Di mana gaji didasari beban kerja dan risiko pekerjaan. Sedangkan tunjangan terdiri dari tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan.

Tunjangan kemahalan sendiri berdasarkan indeks harga daerah. Sementara untuk tunjangan kinerja, terdiri dari instansional dan individual.

3. Struktur Gaji Pensiunan Ikut Diatur

Pemerintah tengah melakukan pembahasan perubahan struktur gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam pembahasan nanti bukan hanya mengenai struktur gaji PNS saja tapi secara keseluruhan hingga sistem gaji pensiun yang juga akan diubah.

Hal ini bertujuan untuk terus meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN). Karena, dengan skema yang baru ini, besaran manfaat dari gaji pensiunan PNS jauh lebih besar dari yang ada saat ini.

4. Struktur Gaji PNS yang Baru Berlaku di Seluruh Indonesia

Struktur gaji PNS yang saat ini tengah disusun nantinya akan berlaku kepada seluruh PNS yang ada di Indonesia baik itu dipusat maupun di daerah. Bahkan, strutkru gaji PNS yang baru juga akan berlaku terhadap pegawai kesehatan dan juga guru.

Namun struktur gaji baru yang tengah disusun tidak akan berpengaruh terhadap aparat seperti Polisi dan TNI. Karena untuk skema penggajian pada kedua profesi tersebut memiliki aturan tersendiri.

 

Sumber : okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index