Sebentar Lagi Indonesia Akan Punya Pasar Ikan Modern

Sebentar Lagi Indonesia Akan Punya Pasar Ikan Modern

Riauaktual.com – Indonesia sebagai negara yang dikenal sebagai negara maritim yang memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia, sebentar lagi akan memiliki Pasar Ikan Modern. Pasar Ikan akan dibangun di Muara Baru, Jakarta Utara.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang melakukan ground breakingPasar Ikan Modern Indonesia. Ia mengatakan, dengan pembangunan pasar diharapkan bisa menjadi satu titik tolak pembangunan.

"Supaya bisa lebih ramah kepada masyarakat, kepada pedagang, dan semua stakeholder, terutama pencinta seafood, baik seafood darat maupun laut, karena setahu saya Pasar Muara Baru ini bukan hanya ikan laut ada ikan tawar juga," kata Susi di Muara Baru, Jakarta Utara, Kamis 8 Februari 2018.

Sementara itu, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Nilanto Perbowo mengatakan, Pasar Ikan Modern di Muara Baru ini akan menjadi percontohan dan model pengelolaan dan pengembangan seluruh pasar ikan di Indonesia yang menekankan tentang arti pentingnya mutu ikan.

"Pasar Ikan Modern ini akan menetapkan standar sanitasi yang higienis sesuai dengan persyaratan Internasional. Sehingga, bisa dijadikan salah satu objek wisata kuliner, serta showcase keberagaman jenis ikan di Indonesia," kata Nilanto di lokasi yang sama.

Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru dibangun di atas lahan seluas 22.444 meter persegi milik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Gedung pasar memiliki tiga lantai yang nantinya melayani produk perikanan yang high quality, safe, traceable, high value content dan competitive.

PIM Muara Baru ditargetan selesai dibangun pada Desember 2018. Di dalamnya akan berisi 900 lapak basah, 69 kios pasar kering, 18 kios pancing, dan 68 kios ikan segar.

PIM ini juga akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung antara lain chiling room, ice storage, layanan perbankan, klinik kesehatan, wisata kuliner laboratorium, masjid, pengepakan ikan, gardu PLN, dan instalasi pengelolaan air limbah. (Wan)

 

Sumber: viva.co.id

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index