ilustrasi (int)

17 Titik Panas Terpantau di Riau, Waspada Karhutla

Kamis,01 Februari 2018 - 14:13:28 WIB Di Baca : 2382 Kali

Riauaktual.com - Sejak beberapa hari terakhir musim panas melanda sebagian wilayah Riau, titik panas (Hotspot) semakin bertambah, yang berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Hal ini berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Kamis (1/2/2018).

Loading...

"Pagi tadi terpantau 17 hotspot tersebar di wilayah Riau," kata Kasi Data dan Informasi (Datin) BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi.

Dia merincikan, 17 hotspot ini tersebar di Bengkalis 1 titik, Kampar 1 titik, Kuansing 1 titik, Pelalawan 5 titik, Siak 1 titik, Inhil 6 titik dan Inhu 2 titik.

Lima titik diantaranya berada di level Confidence diatas 70 persen, yang berarti berkemungkinan besar merupakan titik api.

"Titik tersebut berada di Kampar 1 titik, Pelalawan 3 titik dan Inhu 1 titik," akuinya.

Sementara untuk wilayah Sumatera, seluruhnya terpantau 73 hotspot yang tersebar di 8 wilayah yakni Bengkulu 18 titik, Jambi 6 titik, Lampung 2 titik, Sumatera barat 18 titik, Sumatera selatab 7 titik, Kepulauan Riau 2 titik, Bangka Belitung 3 titik dan Riau 17 titik.

Slamet mengatakan, sebagain wilayah Riau akan dilanda hujan ringan hingga sedang, mulai dari siang hingga dinihari.

"Potensi hujan ringan terjadi disebagian wilayah Kota Dumai, Inhu dan Siak. Sedang potensi hujan ringan diperkirakan melanda Rohil dan Siak pada malam harinya," terang Slamet.

Kata dia, untuk dini hari hujan turun hampir merata di seluruh wilayah Riau dengan intensitas ringan hingga sedang dan dapaylt disertai petir dan angin kencang.

Sementara itu, suhu udara di Riau berada di angka 23.0 - 34.5 °C dengan kelembapan udara 50 - 97 persen. Sedangkan arah angin berhembus ke Barat Laut sampai dengan Timur Laut dengan kecepatan 09 - 36 kilometer perjam. (IG)


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com