Naskah Soal Difoto Copy di Tiga SMK Pekanbaru

Naskah Soal Difoto Copy di Tiga SMK Pekanbaru
Panitia Cheking/Distribusi Naskah soal Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMA-LB/SMK/SMP/MTs/SMP-LB Kota Pekanbaru, H Abdul Jamal MPd. FOTO: Ade

PEKANBARU, RiauAktual.com - Panitia Cheking/Distribusi Naskah soal Ujian Nasional (UN) SMA/MA/SMA-LB/SMK/SMP/MTs/SMP-LB Kota Pekanbaru, H Abdul Jamal MPd mengakui, pada hari pertama, Senin (15/4/2013) terjadi kendala di tiga SMK di Kota Pekanbaru.

Dimana, naskah soal di tiga SMK tersebut terpaksa difoto copy akibat adanya kekurangan naskah soal. Namun, sebelum difoto copy, dilakukan persetujuan dari panitia.

"Pada dasarnya, UN hari ini berjalan lancar. Tapi memang tidak seratus persen lancar, ada beberapa kendala, yakni pada naskah soal. Banyak yang tidak sesuai dari sampul dan isi naskah soal UN ini. Contohnya, sampul pada soal Bahasa Indonesia tetapi isinya soal Matematika dan ada juga isi soal Bahasa Inggris," kata Abdul Jamal.

Tiga SMK yang mendapat kendala tersebut yaitu SMK Masmur, SMK 2 Pekanbaru, dan SMK Muhammadyah 2 Pekanbaru. "Untuk mengantisipasi kendala tersebut dengan cara mengcopy dari soal yang sama karena soal cadangan tidak mencukupi jadi terpaksa dicopy daripada siswa siswi tidak ujian dan hal ini atas persetujuan panitia," pungkasnya.

Diakui Abdul Jalil, kendala ini terjadi disebabkan keterlambatan datangnya naskah soal sehingga tidak sempat lagi untuk memeriksanya.

"Untuk pengamanan UN langsung dari pusat dan ini sudah ada MoU. Untuk peserta UN di Kota Pekanbaru ada 98 SMA/SMK/MA/SMALB dan 14.365 orang," tambahnya.

Laporan: Ade Lestari
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index