Tampang Penerus Nissan Juke Lebih Bengis Tidak Bulat

Tampang Penerus Nissan Juke Lebih Bengis Tidak Bulat
Nissan Motor Corporation merilis crossover terbaru Nissan Kicks pengganti Nissan Nissan Juke. Melihat dari dimensinya yang kompak.FOTO/Autopro

Riauaktual.com - Nissan Motor Corporation merilis crossover terbaru Nissan Kicks pengganti Nissan Nissan Juke. Melihat dari dimensinya yang kompak, otomatis Nissan Kicks akan berada di kolam yang sama dengan Nissan Juke.

Seperti dilansir dari Autopro, Terlebih lagi, Nissan seakan-akan sudah menutup mata kepada Nissan Juke. Mobil yang pertama kali rilis di Geneve Motor Show 2010 tersebut memang tidak mengalami perubahan besar.

Pertanyaannya apakah Nissan Kicks memang layak mengucapkan selamat jalan buat Nissan Juke? Autoblog dalam beritanya mengkritik keras Nissan jika hal itu terjadi. Menurut mereka Nissan Kicks merupakan setback jika memang menggantikan Nissan Juke. “Desainnya terlalu konvensional. Berbeda dengan Juke yang atraktif. Bagaimana mobil ini mau bersaing dengan Toyoya C-HR, Hyundai Kona, KIA Soul dan Jeep Renegade?” tulis mereka.

Nissan Kicks bisa dibilang berdesain konservatif namun juga lebih atraktif dengan lekukan sudut-sudut lebih tajam, grille tebal yang berukuran sedang. Ban menggunakan pelek 16 inchi untuk model standar sementara untuk trim lebih tinggi ditawarkan pelek aluminum 17 inchi.

Bagian eksterior kini memiliki dua warna yakni sentuhan hitam di bagian atas mobil dan pada lis-lis jendela dan warna yang menyelimuti bodi mobil seperti putih, oranye, merah, dan warna lainnya.

Masuk ke bagian dalam di bagian kursi depan ada dasbor yang dilengkapi dengan sistem infotainment dengan layar 7 inchi.  Fitur-fitur lain yang tersemat antara lain monitor dengan jangkauan pandangan 360 derajat, blind spot, cross traffic alerts, lampu depan LED, dan sistem audio Bose.

Nissan Kicks malah kalah perkasa dari Nissan Juke. Mereka memasang mesin baru dengan kapasitas silinder 1,6 liter. Mesinnya beda dengan mesin Nissan Juke global yang menggendong mesin 1,6 liter plus turbo. Alhasil tenaga Nissan Kicks yang mencapai 125 daya kuda terlihat lemah jika dibandingkan Nissan Juke yang memiliki tenaga 188 daya kuda.

Namun ada dua hal yang membuat Nissan Kicks layak dilirik yakni konsumsi bahan bakar yang tinggi dan harga jual mobil yang kompetitif. Di Amerika mobil ini dijual dengan harga USD19.000 atau sekitar Rp252 juta.

Dengan harga tersebut, Nissan Kicks dibekali fitur-fitur canggih dan fasilitas entertainment yang melimpah. Misalnya saja seperti sistem tata suara Bose dengan 8 speaker. Mobil ini juga memiliki sistem koneksi canggih mulai dari Android Auto, Apple Car Play hingga koneksi milik Nissan, Nissan Connect SM.

Fitur keamanan canggih juga melimpah mulai dari Hill Start Assist, Intelligent Arround View Monitor (IAVM)  yang bisa menampilkan 6 gambar di layar berukuran 7 inci. Fitur IAVM juga bisa menampilkan gambar setiap kali ada kendaraan yang mendekati Nissan Kicks.

Ada juga fitur cangih yang mencegah terjadinya tabrakan seperti Automatic Emergency Braking (AEB), Forward Collision Warning (FCW), Blind Sport Warning (BS), dan Rear Cross Traffic Alert.

Dengan fitur keamanan dan kecanggihan yang melimpah, Nissan Kicks sepertinya layak menggantikan Nissan Juke. Masalahnya desain mobil ini masih terlalu konvensional di tengah desain SUV berukuran kompak yang kian atraktif.

Apakah mahal untuk 'mengintip' waktu kematian sobat? Di Inggris, metode tes ini seharga 400 poundsterling (sekitar Rp 6 juta).

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index