Diduga Tidak Netral, Besok Bawaslu Riau Panggil Sekda Pekanbaru

Diduga Tidak Netral, Besok Bawaslu Riau Panggil Sekda Pekanbaru

Riauaktual.com - Diduga menunjukan sikap yang tidak netral selaku Aparatur Sipil Negara (ASN), Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Pekanbaru HM Noer akan dipanggil Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau, Rabu (17/1/2017) besok.

Alasan pemanggilan ini bermula dari sikap dan tindakan Sekda Pekanbaru dan beberapa ASN Pekanbaru yang berama-ramai hadir ke kediaman Walikota Pekanbaru Firdaus, yang saat itu baru saja mendapat rekomendasi partai Demokrat untuk maju pada pemilihan gubernur Riau.

"Besok kita panggil Sekda Pekanbaru untuk klarifikasi, apa maksud dan tujuannya kekediaman walikota saat itu. Yang pastinya ASN tidak boleh ikut politik praktis dalam Pilkada," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau, Rusidin Rusdan, Selasa (16/1/2017).

Dia menegaskan, setiap ASN yang terlibat atau dilibatkan dalam politik, maka akan dikenakan sanksi tegas, diantaranya di pidana atau bisa dikenakan kode etik.

Menurut surat edaran MenPAN-RB, kata Rusidin, sudah jelas disebutkan PNS berposisi netral dalam pelaksanaan pilkada.

"Itu akan kita pantau bersama tim," tambahnya.

Sebelumnya Sekda Pekanbaru, M Noer, berkilah kehadirannya bersama para ASN Pemko Pekanbaru lainnya hanya bentuk semangat dan ucapan selamat kepada pimpinannya yang akan maju di pilkada gubernur Riau.

"Ini bentuk semangat dan ucapan terima kasih kepada pimpinan kami sebagai Kepala Daerah. Ini kan bukan deklarasi, jadi tidak masalah jika ASN datang hanya untuk memberi ucapan selamat kepada beliau," ungkapnya.

M Noer menilai, apa yang di lakukan para ASN ini masih batas kewajaran antara pimpinan dengan bawahan. Hal ini juga tidak ada kaitannya dengan politik praktis.

"Para ASN Pemko Pekanbaru yang datang ke sini untuk menggelar syukuran. Jadi perlu diluruskan, tidak ada kaitannya dengan politik praktis. Ini kan belum masuk lapangan. Ini baru syukuran," tegasnya.

M. Noer juga menjamin, jika kedatangan para ASN yang datang ke rumah dinas walikota Pekanbaru ini tidak akan mengganggu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

"Kita tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Lagipun ini tidak seluruh ASN. Hanya pimpinan kepala OPD saja yang datang. Jadi tidak ada yang mengganggu pelayanan," tutupnya. (IG)

 

 

 

 

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index