Silaturahmi Bersama Wartawan, Ini Kesan dan Pesan yang Disampaikan Danlanud Rsn Pekanbaru

Silaturahmi Bersama Wartawan, Ini Kesan dan Pesan yang Disampaikan Danlanud Rsn Pekanbaru
Danlanud Rsn Pekanbaru, Age Wiraksono saat memaparkan kinerja dan kegiatan ke depan dalam rangka silaturahmi dengan wartawan, Selasa (16/1). Foto IG

Riauaktual.com - Bertempat di Ruang Pandawa, jajaran pejabat utama Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, menggelar acara silaturahmi dengan puluhan wartawan, Selasa (16/1) siang.

Pertemuan ini sengaja dibuat oleh Danlanud Rsn Pekanbaru, Marsma TNI Age Wiraksono SIP, untuk menyampaikan beberapa kinerja dan kegiatan kedepan.

Ada beberapa poin penting yang disampaikan Age Wiraksono. Di antaranya, mengenai latihan umum dan operasi.

"Dalam waktu dekat, TNI AU dan Paskhas akan melaksanakan terjun penyegaran (Jungar) di Rokan Hulu (Rohul). Kemudian latihan Elang Indopura (Indonesia-Singapur) dan masih banyak lagi kegiatan kedepannya," kata Age.

Selanjutnya, terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau.

Menurutnya, untuk penanganan polanya sama dari sebelumnya, yakni antisipasi terjadinya kebakaran.

"Kita ini bukan pemadaman kebakaran. Tapi kita mengedukasi masyarakat yang ada di daerah-daerah agar tidak membakar hutan dan lahan. Edukasi ini sangat penting. Jadi tidak hanya penanggulangan saja," ujarnya.

Bahkan saat ini, sudah ada beberapa pesawat yang standby untuk melakukan patroli karhutla memantau titik api.

Selain itu, Age juga menyampaikan soal rekrutmen prajurit dan Taruna TNI AU, yang sudah dibuka saat ini.

"Untuk penerimaan calon Taruna, tidak ada biaya sama sekali alias gratis. Kalau ada yang minta biaya, laporkan ke kami," terang Age.

Kemudian, dia juga menyampaikan sekilas tentang penerimaan siswa baru SMA Pradipta Dirgantara, yang juga sudah dibuka pendaftaran.

Age menjelaskan, SMA Pradipta Dirgantara adalah sekolah unggulan, beasiswa dan dapat dilanjutkan ke akademi TNI-Polri, kedinasan, PTN/PTS terbaik.

"SMA Pradipta Dirgantara akan menciptakan lulusan yang berkarakter, cerdas, kreatif dan visioner berciri kedirgantaraan," jelasnya.

Untuk tahun pertama, kata dia, full beasiswa sampai lulus. Tujuan sekolah ini menyalurkan 'Habibi-Habibi' muda dan membentuk muda yang berkarakter.

Terakhir, Age Wiraksono menyinggung soal netralitas TNI AU dalam penyelenggaraan Pilkada serentak di Provinsi Riau.

"Tugas TNI AU selain menjaga keutuhan NKRI, netralitas tetap kita jaga," tegasnya.

Dalam penyelenggaraan Pilkada 2018 ini, Age meminta kepada seluruh keluarga besar TNI AU termasuk ASN, harus netral. Meski pun ada salah satu calon Wakil Gubernur Riau yang maju dari militer yakni Danrem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Edy Nasution.

"Dalam Pilkada, tidak boleh menggunakan aset TNI AU untuk kampanye. Jangan itu, mendarat di kawasan Lanud saja tidak boleh. Saya akan jaga amanah ini," tegas Age Wiraksono.

Foto- Danlanud Rsn Pekanbaru, Age Wiraksono saat memaparkan kinerja dan kegiatan ke depan dalam rangka silaturahmi dengan wartawan, Selasa (16/1). Foto IG

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index