Wujudkan Mimpi Jadi Orang Kaya dengan Cara Cerdas Ini

Wujudkan Mimpi Jadi Orang Kaya dengan Cara Cerdas Ini
ilustrasi (int)

Riauaktual.com - Menjadi kaya raya pada usia muda menjadi keinginan setiap orang. Hidup bergelimang harta, beli ini dan itu sesuka hati tanpa memikirkan bagaimana susahnya mencari uang. Namun, mewujudkan kemapanan dalam hidup tidaklah mudah. Ada banyak sekali rintangan yang sering kali mengacaukan diri kita dalam mengelola keuangan.

Jika pernah bermimpi ingin menjadi orang kaya, Anda dapat merealisasikan mimpi tersebut dalam waktu singkat. Tentunya dengan mengikuti langkah cerdas cepat kaya berikut ini.

1. Mengetahui Jumlah Aset

Barapa total aset yang Anda miliki saat ini? Apakah jumlahnya mencapai puluhan juta, ratusan juta, atau bahkan miliaran? Jumlah aset yang dimiliki akan membantu untuk mengelola aset tersebut menjadi sesuatu yang menguntungkan. Misalnya, menginvestasikan sebagian dari aset untuk menambah penghasilan bulanan.

2. Membelanjakan Uang Sesuai Anggaran

Susunkah daftar yang berisi kebutuhan Anda setiap bulannya. Catat setiap kebutuhan secara terperinci. Misalnya, biaya kebutuhan dapur, biaya listrik, air, telepon, asuransi, dan biaya lainnya. Alokasikan biaya sesuai tempatnya secara terpisah sehingga mampu mengontrol semua pengeluaran dengan baik. Belanjakanlah uang sesuai dengan jumlah yang dianggarkan agar kondisi finansial tetap sehat.

3. Menyisihkan Uang untuk Ditabung

Tabungan menjadi instrumen keuangan yang tidak boleh dilupakan. Ada banyak manfaat yang akan diperoleh dengan menabung. Misalnya, membeli rumah baru, apartemen baru, dan kendaraan baru.

Tabungan juga dapat dijadikan jaminan untuk membiayai hidup pada masa depan nanti. Jika suatu saat Anda mengalami keterpurukan keuangan, setidaknya, Anda sudah punya cadangan kas yang dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari.

4. Menyisihkan Gaji untuk Modal Usaha

Gaji karyawan di perusahaan swasta boleh dibilang pas-pasan. Di tengah naiknya harga kebutuhan barang, tentu gaji yang diperoleh setiap bulan tidak cukup untuk meng-cover semua pengeluaran. Karena itu, Anda perlu memiliki bisnis sampingan.

Hasil yang didapatkan dari bisnis sampingan dapat menambah pundi-pundi rupiah setiap bulan. Akan tetapi, membangun usaha tidak mudah. Anda membutuhkan sejumlah modal untuk mendirikan usaha. Untuk mendapatkan modal yang cukup, sisihkanlah gaji yang diperoleh setiap bulan untuk modal usaha. Ketika jumlah modal yang dibutuhkan cukup, barulah bangun bisnis sampingan.

5. Mencicil Utang Sedikit Demi sedikit

Betapa tersiksanya hidup bila terus-menerus terlilit utang. Bagaimana tidak, hidup kita menjadi tidak tenang karena dikejar-kejar utang. Belum lagi suku bunga tinggi yang perlu dicicil setiap bulan. Daripada utang semakin menumpuk, mulailah untuk mencicil utang sedikit demi sedikit. Seiring berjalannya waktu, utang pasti lunas.

6. Mengikuti Asuransi

Perjalanan hidup tidak bisa ditebak. Kadang kita berada di atas, kadang kita berada di bawah. Kita juga tidak dapat menebak peristiwa yang akan terjadi dalam hidup kita. Karena ketidakpastian inilah, kita membutuhkan suatu jaminan di masa depan, yaitu asuransi.

Semakin cepat Anda mengambil asuransi, semakin banyak manfaat yang didapatkan. Pastikan Anda bergabung pada dua instrumen asuransi, misalnya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

7. Hidup Sederhana

Gaya hidup sangat berpengaruh pada tingkat konsumerisme seseorang. Semakin tinggi gaya hidup, semakin banyak biaya yang dihabiskan, dan sebaliknya. Jika Anda ingin cepat kaya, mulailah mengontrol pengeluaran dengan hidup lebih sederhana.

Ada banyak pola hidup sederhana yang dapat Anda lakukan. Misalnya, memasak makanan sendiri, membawa tumbler minuman, dan mengurangi kebiasaan nongkrong bersama teman-teman.

8. Ketahui Tujuan Masa Depan

Hidup seperti apa yang Anda inginkan 10-20 tahun mendatang? Apakah hari tua yang santai tanpa memikirkan biaya ini itu atau hari tua yang masih disibukan bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari?

Apa yang Anda inginkan dalam hidup akan selalu membuat Anda memikirkan nominal uang yang dibutuhkan. Jika Anda mendambakan hidup enak pada hari tua, ingatlah untuk selalu menabung dan berinvestasi. Dengan begitu, apa yang diimpikan dapat terwujud di masa depan.

9. Pantau Aset yang Dimiliki

Banyak dari kita beranggapan kalau memantau jumlah aset itu tidaklah penting. Salah besar. Sebab besar atau tidaknya aset yang dimiliki tetap harus dipantau untuk mengetahui laju pertumbuhan dari aset yang dimiliki. Kondisi keuangan yang baik akan membawa Anda pada kesuksesan finansial dalam jangka panjang.

Mampu Mengalokasikan Sesuai Porsinya

Kunci utama dari keberhasilan finansial adalah mampu untuk mengalokasikan pendapatan sesuai dengan porsinya. Buatlah anggaran belanja bulanan secara rutin agar diri Anda terhindar dari sikap boros.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index