DPRD Kuansing Minta RAPP Untuk Tidak Mempersulit Masyarakat Mengambil Kayu Jalur

DPRD Kuansing Minta RAPP Untuk Tidak Mempersulit Masyarakat Mengambil Kayu Jalur
Warga Sei Lansat saat menyampaikan laporan ke Dewan Kuansing terkait sulitnya mengeluarkan kayu jalur oleh RAPP

Riauaktual.com - Ketua Komisi C DPRD Kuansing Andi Cahyadi menegaskan agar pihak RAPP untuk tidak mempersulit masyarakat dalam pengambilan kayu jalur.

"Ini tradisi Kuansing, RAPP harus memahami itu, sebab budaya masyarakat rantau Kuantan ini sudah ada puluhan tahun sebelum RAPP berdiri. Ini mesti difahami pihak RAPP untuk itu jangan dipersulit," ujar Andi Cahyadi kepada wartawan saat menerima aduan masyarakat Pangean, Senin (15/1/2018) siang di Telukkuantan.

Dikatakan Andi Cahyadi, sejauh ini dari aduan masyarakat sudah ada 33 buah kayu jalur yang tidak bisa dikeluarkan sebab terkendala perizinan karena pengurusannya sampai ke Kementerian.

"Semestinya untuk izin mengeluarkan kayu jalur ini cukup sampai di Dinas Pariwisata, tidak perlu sampai ke Kementerian maupun kehutanan Provinsi, sebab proses ini akan memakan waktu yang cukup lama," jelasnya.

Ketua Komsisi C yang akrab disapa aheng ini kepada masyarakat Sei Lansat juga menyampaikan sekiranya RAPP masih mempersulit masyarakat bagian hilir dalam mengeluarkan kayu jalur Ia menyarankan untuk mencari kayu jalur bagian Hulu yang tidak sesulit itu.

Sementara itu, dari keterangan masyarakat Desa Sei Lansat Pangean, Aryuadi menyampaikan bahwa izin ini telah mereka sampaikan sejak 29 september 2017 lalu. Namun sampai saat ini tidak ada tindak lanjutnya sehingga kayu jalur yang telah mereka cari jauh hari sebelum surat izin disampaikan tidak bisa dikeluarkan.

"Ini sudah masuk bulan ke empat dari september 2017 lalu. Namun sampai saat ini tidak juga ada kejelasan. Kami masyarakat Desa Sei Lansat ingin kepastian jangan kami dipermainkan pihak RAPP kalau memang tidak bisa sampaikan tidak bisa biar kami bisa mengambil langkah lain," tegasnya. (Jk)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index