Ini Temuan Anggota DPD RI Abdul Gafar Saat Serap Aspirasi di Riau

Ini Temuan Anggota DPD RI Abdul Gafar Saat Serap Aspirasi di Riau
Anggota DPD RI Dapil Provinsi Riau Drs. H. Abdul Gafar Usman, MM , MSc (foto : internet)

Riauaktual.com - Sesuai agenda yang ditetapkan, anggota DPD Republik Indonesia mulai  21 Desember 2017 sampai 14 Januari 2018 melaksanakan kegiatan serap aspirasi dan kunjungan kerja ke daerah konstituennya masing-masing.

Tak terkecuali anggota DPD RI Dapil Riau Drs H Abdul Gafar Usman MSc dengan turun ke beberapa daerah sambil menyerap aspirasi ke pelosok-pelosok dengan berbagai dimensi dan lapisan masyarakat, mulai pemerintah daerah, Ormas, LSM, masyarakat adat, organisasi keaagamaan dan profesi lainnya yang ada di 13 kabupaten/kota di Riau.

Setidaknya adanya 15 kali pertemuan yang dilaksanakan Gafar Usman bersama stafnya, diantaranya Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kuantan Singingi dan Kabupaten Indragiri Hulu.  

Seperti di Kabupaten Bengkalis, pihaknya bersilaturrahmi dan serap aspirasi masyarakat Jamaah Nurul Hidayah Desa Buruk Bakul Kecamatan Bengkalis, Silaturrahmi dan serap aspirasi organisasi Guru Kecamatan Bengkalis, silaturrahmi dengan jaamah masjid Al Jami' Dusun Cempaka Desa Buruk Bakul dan pertemuan dengan masyarakat Sulit Air Sepakat Duri - Mandau.
    
Kemudian Gafar dan staf juga mengadakan silaturrahmi dengan Masyarakat Desa Muara Musu Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu dan Jamaah Masjid Al Itihad Bagan Jaya Kecamatan Tambusai Utara. Dan juga ada pertemuan masyarakat Kepulauan Melayu Besar Tanjung Melawan, Kabupaten  Rokan Hilir.
    
Selanjutnya, Gafar bersama staf juga mengadakan silaturrahmi masyarakat Perhentian Luas Kecamatan Logas Tanah Darat dan Jamaah Masjid Al Hisab Desa Kebun Lado Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi.
   
''Kemudian kami juga mengadakan pertemuan dengan anggota dan pengurus BKMT Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kampar. Di Kota Pekanbaru  pertemuan kita dengan pengurus dan anggota MDI Kota Pekanbaru,'' jelas Gafar didampingi stafnya Rasaat.
   
Dari kunjungan kerja dan serap aspirasi yang dilakukan di berbagai tempat tersebut, banyak permasalahan yang terjadi diserap Gafar di tengah masyarakat tersebut dan itu  harus ditindak lanjuti dan dikomunikasi  sesuai tingkatannya apakah kewenangan pemerintah daerah kabupaten, provinsi dan kewenangan pemerintah pusat.
     
''Diantara permasalahan yang kami serap, minta bantuan sarana ibadah (masjid, musala dan MDA, pembangunan infrastruktur jalan lingkungan dan meningkatnya jumlah penggangguran serta terjadi PHK di beberapa daerah. Kalau kewenangan daerah kabupaten atau provinsi sebagian sudah kita komunikasi baik itu ke bupati dan pihak terkait lainnya,'' papar Gafar.

Dikatakan, ada beberapa point yang akan perlu ditindaklanjuti ke pemerintah daerah, pemerintah kabupaten/kota dan provinsi yakni diharapkan lebih cepat dalam menyelesaikan masalah lahan perkebunan masyarakat,  pemerintah daerah harus juga memperhatikan atau memberikan bantuan untuk pembangunan sekolah madrasah dan sekolah swasta lainnya. Kemudian pemda harus memperhatikan kesejahteraan pegawai terutama berkaitan masalah gaji atau honor.
    
Sedangkan permasalahan untuk ditindaklanjuti ke pusat yang akan dibahas di komite IV memperjuangkan Dana Tugas Perbantuan (TP) di Depertemen PU, memperjuangkan Dana Bagi Hasil untuk Riau dan Dana Dekon perlu ditingkatkan untuk Riau, khususnya untuk petani kebun atau sawah guna peningkatan ekonomi masyarakat di daerah serta dana aspirasi di DPD RI untuk bantuan kegiatan sosial, agama, pendidikan, kesenian, olah raga dan pembangunan infrastruktur lainnya. (*)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index