Hal-Hal yang Memicu Smartphone Bisa Meledak

Hal-Hal yang Memicu Smartphone Bisa Meledak

Riauaktual.com - Melihat kejadian Baterai iPhone diduga meledak saat dalam perbaikan di Apple Store Valencia, Spanyol, Rabu (10/1/2018). Sebenarnya hal itu bisa saja disebabkan karena sesuatu yang bertentangan dengan produknya oleh pengguna.

Bila masih menjadi pertanyaan, mengapa handphone bisa sampai meledak? Sejumlah ahli mengatakan ada 3 alasan utama penyebab handphone meledak:

Pertama: Kondisi baterai yang digunakan telah rusak atau cacat. Meskipun dilakukan pengisian daya, seolah-olah terisi. Hal ini bisa menyebabkan hubungan pendek. Namun kecil kemungkinan, kecualai handphone tersebut telah dimodifikasi.

Kedua: Melakukan pengisian yang tidak benar (menggunakan charger tidak semestinya). Ini sering terjadi dan mengakibatkan menganggu kinerja baterai.

Ketiga: Membiarkan ponsel yang sudah terisi penuh tetap dalam keadaan mengisi, sehingga terjadi overheating pada baterai. Hal ini sangat memungkinkan terjadi ledakan.

Sebaiknya yang harus dihindari:

- Jangan menggunakan handphone saat melakukan pengisian baterai. Untuk lebih amannya cabut dulu, baru menerima panggilan atau menggunakan fungsi lainnya.

- Memastikan tidak over-charged saat melakukan pengisian. Bisa indikator sudah menunjukkan 100% terisi, maka cabut kabel pengisian.

- Jika kondisi baterai sudah berubah bentuk alias membengkak, cepat lakukan penggantian baterai.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index