Jalur Independen Sudah Dibuka, Belum Ada Balon Gubri yang Daftar

Jalur Independen Sudah Dibuka, Belum Ada Balon Gubri yang Daftar
Logo KPU. FOTO: doc

RIAU, RiauAktual.com - Saat hari pertama dibukanya pendaftaran bagi Bakal calon (Balon) Gubernur Riau 2013-2018 dalam jalur independen belum ada satu pasangan pun yang mendaftar lewat jalur ini. Demikian disampaikan salah seorang Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Dra Hj Lena Farida M Si, Selasa (02/04/2013).

"Untuk hari pertama, ini belum ada satu pun bakal calon yang mendaftar melalu jalur perseorangan atau independen," jelasnya.

Namun, dijadwalkan besok, Rabu (03/04) akan ada bakal calon yang mendaftar melalui jalur perseorangan ini yakni, Drs H Wan Abu Bakar M Si. "Kalau menurut informasinya besok akan ada yang mendaftar yakni Pak Wan Abu Bakar," lanjutnya.

Dimana, dalam persyaratan untuk maju dalam jalur independen sesuai data dari Dinas Transmigrasi dan Kependudukan (Distnankep) Provinsi Riau menyebutkan jumlah penduduk Provinsi Riau 6.434.902 jiwa. Dengan demikian jumlah dukungan minimal yang harus dipenuhi atau didapat oleh pasangan calon perseorangan (independent) untuk Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Provinsi Riau priode 2013-2018 sekurang-kurangnya 4 persen dari 6.434.902 yakni, 257.397 orang.

Selain itu, dukungan harus tersebar lebih dari 50 persen jumlah Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau (di 7 Kabupaten). Selain itu, nantinya daftar dukungan bakal calon perseorangan dibuat dalam 3 rangkap.

"Persyaratan tersebut untuk memenuhi kerentuan Undang-Undang nomor 12 tahun 2008 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, khususnya pasal 59 yang mengatur peserta pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah," katanya.

Sedangkan penyerahan dukungan pasangan calon perseorangan dimulai dari tanggal 2 April sampai dengan 8 April 2013 kepada KPU Provinsi Riau dan PPS yang beralamat di Jalan Gajah Mada no 200 Pekanbaru.

Laporan: DN
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index