Besok, Kantor Facebook Didemo FPI dan Ormas Lainnya

Besok, Kantor Facebook Didemo FPI dan Ormas Lainnya
Foto: Rengga Sancaya

Riauaktual.com - Facebook dituding sering memblokir banyak akun ormas keagamaan di Indonesia. Aksi demo memprotes kebijakan itu pun akan digelar esok hari di depan Kantor Facebook, Jumat (12/1/2018).

Sejumlah ormas yang tergabung dalam 'Aliansi Tolak Kezholiman Facebook' akan menggelar aksi 121 di depan kantor perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg itu, beralamatkan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

"Iya itu Aliansi Tolak Kezhaliman Facebook. FPI bagian dari aksi besok dan bagian dari penyelenggara juga karena itu kan berbagai macam ormas," ujar Juru Bicara Front Pembela Islam (FPI) Slamet Maarif, Kamis (11/1/2018).

Aksi 121 ini bermula persoalan akun Facebook FPI yang diblokir oleh Facebook. FPI sendiri menjadi bagian dari aliansi ormas tersebut. Disebutkan, ormas yang turut aksi 121 juga diikuti SAPA Islam, Kaum Umat Islam, Generasi Ibu Negara, dan Hasmi.

Sementara itu, Koordinator Aliansi Tolak Kezholiman Facebook Ali Al'Athos mengatakan selain akun ormas Islam, akun dari tokoh keagamaan juga sering mengalami pemblokiran oleh Facebook.

Ali mengaku sudah melakukan laporan kepada pihak Facebook. Misalnya dengan cara seperti memberitahukan lewat opsi report, namun pemblokiran justru semakin sering terjadi. 

"Awal mulanya karena banyak akun umat Islam, baik akun dakwah, bahkan akun-akun yang sifatnya kepedulian sosial, akun bersifat kemanusiaan, diblokir tanpa alasan yang jelas. Dibuat lagi (akun itu) tetapi diblokir lagi," cetusnya.

Sedangkan, lanjut Ali, Facebook malah membiarkan akun yang dinilai kerap melakukan penghinaan terhadap agama. Ia lalu memberi contohnya, yaitu akun milik akademisi Universitas Indonesia Ade Armando.
 

"Kami bingung, tapi giliran umat Islam posting ayat saja langsung diblokir. Macam-macam akun ormas, fanpage, ada Ustad Arifin Ilham juga kena, beberapa nama ustad akunnya down, bahkan baru bikin berapa menit, kena (blokir)," tuturnya.

Ali menuturkan bahwa aksi 121 tersebut akan dimulai dengan salat jumat di Masjid Al-Azhar, Jakarta. Setelah itu, dilanjutkan menggelar aksi ke kantor Facebook Indonesia.

Perihal aksi protes tersebut, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan telah menerima surat pemberitahuannya. Disebutkan, aksi tersebut juga akan dilakukan oleh gabungan ormas. 

"Pemberitahuan baru saja diterima," kata Argo. "(Estimasi massa) 1.000 orang," tambahnya.

Sebelumnya, FPI selain menyuarakan rencana demo, mereka juga mulai mengusung tiga aplikasi lokal untuk memboikot layanan Google, Facebook, dan WhatsApp. Ketiga aplikasi lokal itu adalah Geevv, RedaksiTimes (RTimes), dan Callind. (Wan)

 

 

Sumber: detik.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index