Kuda di Kasang Kulim, Kampar, Minggu (7/1). Foto IG

Soal Hewan di Kasang Kulim yang Disebut Memperihatinkan, Ini Penjelasan BBKSDA Riau

Rabu,10 Januari 2018 - 16:12:15 WIB Di Baca : 2018 Kali

Riauaktual.com - Beberapa hari belakangan ini, beredar informasi bahwa sejumlah hewan di Kebun Binatang Kasang Kulim (Kasang Kulim Zoo) di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, kondisinya memperihatinkan.

 

Bahkan sempat beredar foto hewan dalam kondisi kurus seperti tak terurus, seperti kuda, rusa dan beruang.

Loading...

Hal ini menjadi perhatian pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala BBKSDA Riau, Suharyono menanggapi dan memberikan penjelasan kepada media pada tanggal 9 Januari 2018 di kantor BBKSDA Riau terkait viralnya foto beberapa satwa penghuni Lembaga Konservasi Kasang Kulim di Provinsi Riau.

Dalam foto viral tersebut terlihat satwa rusa, kuda dan beruang dalam kondisi sangat kurus dan memprihatinkan.

BBKSDA Riau meminta penjelasan dari pengelola Kasang Kulim dan menurunkan tim ke lapangan.  

"Hasilnya tim tidak menemukan satwa sekurus yang terdapat dalam foto tersebut," ujar Suharyono.

Di samping itu pihak pengelola juga menyodorkan bukti pemeriksaan medis dari dokter hewan yang rutin dilakukan untuk memeriksa satwa satwa penghuni Kasang Kulim.

Pemeriksaan terakhir tertanggal 1 Desember 2017. Tim melihat banyak perbaikan yang telah coba dibenahi oleh Kebun Binatang Kasang Kulim terutama dari sarana pengunjung, kebersihan dan bak minum untuk satwa.

"Bisa kesana melihat langsung seperti apa faktanya. Siapapun boleh untuk melihat langsung satwa-satwa yang berada Kasang Kulim. Tidak ada yang ditutup-tutupi dan mempersilahkan siapapun untuk memberi masukan demi kemajuan satu satunya lembaga konservasi ini," terang Suharyono.

Dia menyebutkan, Kasang Kulim sebagai Lembaga Konservasi didirikan berdasarkan SK Menteri Kehutanan dan Perkebunan No. 250/Kpts-II/1999 tanggal 28 April 1999 dan berlaku selama 30 tahun.

Untuk kedepannya BBKSDA Riau sebagai mitra dan pembina Kebun Binatang Kasang Kulim akan terus mengevaluasi, memonitor dan melakukan pembinaan baik secara teknis maupun kelengkapan administrasi.


Pemilik Kasang Kulim Mengaku Ada Yang Ingin Menjatuhkan Usahanya


Awak media Riauaktual.com, sudah berkunjung dan melihat satwa-satwa yang ada di Kasang Kulim, Minggu (7/1) lalu.

Beberapa hewan yang ada disana kelihatannya baik dan sehat. Di sana ada singa, buaya, orang utan, elang laut, kuda nil, landak, rusa, beruang, macan dahan, kuda, gajah, merak dan masih banyak lagi jenis hewan lainnya.

Dari pengamatan awak media, tiga jenis binatang, kuda, beruang dan rusa memang terlihat kurus.

Namun, pemilik Kasang Kulim, Laskar Jaya membantah soal kondisi hewan yang memperihatinkan tersebut.

"Tidak ada, tidak ada satwa kita yang sakit atau tidak diurus. Kita rutin pemeriksaan kesehatan yang dilakukan langsung oleh dokter hewan," kata Laskar.

Dia menyayangkan beredarnya foto-foto tentang hewan yang kurus dan seperti sakit tidak dipedulikan.

Bahkan Laskar juga menyebutkan bahwa foto itu tidak benar. Karena kondisi satwa saat ini sehat.

"Kalau satwa sakit tak mungkin kita pajang kepada masyarakat, yang berkunjung ke Kasang Kulim. Bisa dilihat langsung. Mengenai kuda yang kurus, itu anaknya. Kalau rusa, itu rusa timur. Memang seperti itu badannya. Begitu pula dengan beruang juga tidak ada yang sakit," terangnya.

Laskar menganggap, beredarnya foto-foto hewan itu adalah salah satu cara oknum yang ingin menjatuhkan usahanya.

"Kan ada media yang memberitakan kita kalau beberapa satwa memperihatinkan. Ini ada yang ingin menjatuhkan usaha kami. Padahal Kasang Kulim ini cuma swasta, bukan biaya dari pemerintah. Seharusnya pemerintah memperhatikan tempat rekreasi kita ini," tutup Laskar. (IG)

 


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com