Komisi II Minta Kejelasan Jam Operasional Indomaret dan Alfamart

Komisi II Minta Kejelasan Jam Operasional Indomaret dan Alfamart
ilustrasi (int)

PEKANBARU (RA) - Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM mengatakan, hingga saat ini keberadaan Indomaret dan Alfamart di Kota Pekanbaru masih menjadi pertanyaan besar. Sebab, jam operasional untuk Pasar Ritel tersebut belum ditetapkan dan hingga saat ini keberadaan Indomaret dan Alfamart menurut Nofrizal belum kunjung melengkapi perizinannya.

"Minggu besok kita panggil dinas terkait seperti BPT untuk meminta kejelasan keberadaan Indomaret dan Alfamart ini, termasuk jam operasionalnya yang tidak jelas," ungkap Nofrizal ketika dihubungi melalui selulernya, Kamis (21/3/2013).

Selain jam operasional belum jelas, Indomaret dan Alfamart ini juga tidak memiliki payung hukum untuk berada di Kota Pekanbaru ini. Untuk itu, Nofrizal akan memperjelas jam operasional Pasar Ritel ini dengan menentukan payung hukum perdagangan yang dimiliki perusahaan Ritel tersebut.

"Kalau tidak ada payung hukum dari pemerintah daerah maka kita bisa pakai peraturan dari kementrian perdagangan," kata Nofrizal.

Saat keberadaan Indomaret dan Alfamart di Kota Pekanbaru, pihak perusahaan seharusnya melakukan MoU bersama masyarakat pedagang ekonomi sekitar bahwa bersedia membantu dan bekerja sama, bukan menyisihkan pedagang kecil tempatan.

"Jam operasionalnya belum jelas karena mereka belum ada izin, mereka belum melengkapi ketentuan yang ada dalam peratuan kementrian perdagangan dalam negeri, ini akan kita tindak serius karena ini pelanggaran dan merugikan bagi pedagang tempatan," ucapnya lagi.

Selain itu, Nofrizal dalam hearing yang akan diadakan dalam waktu dekat, juga mempertanyakan kepada BPT, tentang keberadaan Toko Modern di Kota Pekanbaru yang saat ini terus bermunculan. "Kita panggil juga pihak perusahaan, kita akan pertanyakan keberadaan toko modern, seperti Giant, Makro, Hypermart, dan semuanya termasuk Indomaret dan Alfamart. Kita pertanyakan komitmen langkah mereka dalam mensejahterakan masyarakat, ada apa tidak," imbuhnya.

Di tempat berbeda, Wakil Kepala Cabang Indomaret Pekanbaru Nasiduhu Irwan Zebua ketika dikonfirmasi melalui selulernya terkesan mengelak saat ditanya soal jam opersional Indomaret tersebut. Ia meminta agar konfirmasi dilakukan ke Humas Indomaret yang ada di Jakarta melalui pesan elektronik.

"Wah, gimana ya, saya tak bisa jawab itu, saya mau meting. Ke Humas kita yang di Jakarta saja. Melalui email kita www.indomaret.co.id," kata Zebua singkat.

Laporan: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index