15 Mobil Teraman Versi Lembaga Keselamatan, Punya Anda ?

15 Mobil Teraman Versi Lembaga Keselamatan, Punya Anda ?
photo : Autoguide. Toyota Camry 2018. Ils

Riauaktual.com -  Pada dasarnya calon konsumen tentu tak hanya mempertimbangkan harga dan fitur sebelum melakukan pembelian kendaraan seperti mobil. Namun, juga seberapa aman mobil yang akan dibelinya.

Lembaga Asuransi untuk Keselamatan Jalan Raya (IIHS) Amerika Serikat, telah merilis 15 mobil teraman yang patut dilirik calon konsumen. IIHS memang tiap tahun selalu merilis mobil-mobil aman untuk dijadikan rekomendasi dengan berbagai pengukuran keselamatan pada mobil-mobil yang dipasarkan.

Tak cuma satu segmen, karena IIHS juga mengukur keselamatan pada sedan, SUV, MPV, dan lainnya. Dalam keterangannya, IIHS mengakui pabrikan otomotif kian ke sini semakin sadar akan pentingnya keselamatan konsumen.

"Selama beberapa dekade terakhir, banyak pembuat mobil sekarang sadar dengan pentingnya keselamatan dalam pilihan konsumen. Mereka juga semakin menerima dan mau bekerja sama dengan kami untuk memahami langkah selanjutnya agar mencegah konsumen terlibat dalam kecelakaan fatal saat berkendara. Dan perubahan itu nyata," kata Presiden IIHS Adrian Lund seperti dilansir Business Insider, Jumat 15 Desember 2017.

IIHS menyebut, semua kendaraan harus menawarkan perlindungan kecelakaan, baik dari depan, samping, hingga belakang. Selain itu, semua mobil harus dilengkapi pencegahan kecelakaan proaktif dan teknologi lampu depan yang canggih.

IIHS juga kini mulai fokus pada keselamatan penumpang. Karena pabrikan sejauh ini memang sebatas pada keselamatan pengemudi saja. Padahal penumpang juga mendapat peluang fatal saat kecelakaan.

"Pengemudi memperkirakan penumpang mereka akan dilindungi sama seperti mereka. Padahal tidak sepenuhnya," kata Lund. "Produsen kini terus menangani masalah ini dengan serius".

Berikut daftar 15 mobil yang disebut paling aman berdasarkan rekomendasi IIHS pada 2018.

1. Kia Forte
2. Kia Soul
3. Subaru Impreza
4. Subaru WRX
5. Subaru Legacy
6. Subaru Outback
7. Toyota Camry
8. BMW Seri 5
9. Lincoln Continental
10. Mercedes-Benz E Class
11. Hyundai Santa Fe
12. Hyundai Santa Fe Sport
13. Mercedes-Benz GLC
14. Genesis G80
15. Genesis G90.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index