Wako Pekanbaru Serahkan Bantuan Donasi ke Petani dan Peternak

Wako Pekanbaru Serahkan Bantuan Donasi ke Petani dan Peternak
ilustrasi. int

PEKANBARU (RA) - Untuk mengembangkan sektor pertanian, peternakan, perikanan di Kota Pekanbaru, Walikota Pekanbaru H Firdaus ST MT memberikan bantuan donasi ke kelompok petani di Pekanbaru. Bantuan dalam bentuk tunai ini disampaikan secara simbolik di Kantor Walikota Pekanbaru, Senin (18/3/2013) oleh Walikota Pekanbaru Firdaus MT didamping Kepala Dinas Pertanian Kota Pekanbaru Sentot D Prayitno.

"Kita telah menyampaikan bantuan donasi ke petani tahun lalu. Hari ini kita diminta menyerahkan secara simbolik bagi petani di bidang perikanan, bidang kehutanan, bidang peternakan dan bidang olahan makanan dari perikanan," ujar Firdaus.

Menurutnya besaran bantuan bervariasi tergantung sektornya, mulai dari yang terendah Rp300 juta hingga Rp800 juta. "Untuk  peternakan Rp 800 juta, perikanan Rp 500 juta, kehutanan Rp300 juta, dan  olahan ikan bakso dan naget ikan patin Rp300 juta," urainya.

Dijelaskannya, tahun 2013 ini akan ada kelompok tani tanaman lainnya yang akan menerima bantuan. "Tahun ini kita rencanakan kelompok yang belum dapat bantuan akan kita beri. Seperti kelompok petani raphis, supaya bantuan ini bisa bergulir di antara kelompok tani," tandasnya.

Menurut Firdaus, bantuan ini diharapkan dapat digunakan untuk modal usaha bagi petani. Bagi petani ini digunakan membeli bibit tanaman, perikanan membeli bibit ikan, bagi peternakan digunakan untuk membeli bibit sapi.

Sentot D Prayitno juga dalam kesempatan itu mengatakan, dana bantuan ini dianggarkan dari APBN. Nilainya tahun 2012 lalu mencapai Rp2 miliar. "Tahun ini kita harapkan nilai bantuan yang kita ajukan lebih besar lagi dari Rp2 miliar," pungkasnya singkat.

Laporan: Ver
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index