Sudah Cerai, Ini Alasan Psikologis Ingin Berhubungan Seks dengan Mantan Istri atau Suami

Sudah Cerai, Ini Alasan Psikologis Ingin Berhubungan Seks dengan Mantan Istri atau Suami
Pasangan (Foto: Quote Pics)

Riauaktual.com - PERCERAIAN memang menyakitkan tapi kenangan saat masih bersama juga sulit dilupakan. Setelah masa-masa duka pasca-cerai terlewati, mungkin akan muncul lagi kenangan indah bersama mantan.

Salah satunya kenangan malam pertama dan kenangan lain saat berhubungan intim di ranjang. Bayangan ini jelas aneh, tapi mungkin salah satu dari Anda pernah mengalaminya. Lantas, apa yang menyebabkan tiba-tiba muncul hasrat berhubungan dengan mantan?

Melansir dari Popsugar, Rabu (12/12/2017), Dr. Lori Beth, selaku psikolog seksual di London menjelaskan alsannya.

Ingin berhubungan seks dengan seseorang

Inilah alasan utama banyak orang. Padahal sebenarnya mereka hanya ingin mendapat sentuhan fisik sederhana. Sentuhan sangat penting untuk kesejahteraan dan keintiman seksual seseorang guna mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan hidup. Sentuhan dapat melepaskan hormon oksitosin yang memberi rasa aman dan dicintai

Butuh ending

Perasaan ini dialami banyak orang ketika hubungan mereka berakhir saat situasi 'rumit' dan berakhir di tengah badai kebingungan. Lalu, munculah keinginan untuk mendapat kepastian akhir hubungan. Bagi sebagian orang, hubungan seks saat perpisahan membawa rasa aman. Tapi, sebagian orang lainnya justru merasa hubungan jadi semakin membingungkan.

Perpisah terlalu berat

Pasangan yang mengalami hubungan panjang kebanyakan ingin mengakhiri hubungan dengan lambat dan lebih lembut. Rasanya terlalu aneh berpisah tiba-tiba dengan dengan orang yang telah hidup bersama selama bertahun-tahu, tiba-tiba lenyap.

Kesepian.

Rasa aman dan nyaman sudah terlanjur tercipta bersama mantan. Butuh waktu beradaptasi lagi dengan orang baru, mengenalnya secara fisik dan emosional. Orang baru belum tentu dapat mengobati kesepian. Maka ketika kesepian datang, muncul perasaan ingin berhubungan dengan mantan.

Mengalami reaksi biokimia terhadap seks

Ini berarti hormon oksitosin datang lagi. Hormon ikatan ini menyertai seks yang baik dan wanita menghasilkan lebih banyak oksitosin daripada pria. Mereka lebih rentan terhadap keingian berhubungan seks dengan mantan.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index