10 Artis Dunia yang Pro Palestina! CR7, Selena Gomez hingga Coldplay

10 Artis Dunia yang Pro Palestina! CR7, Selena Gomez hingga Coldplay

Riauaktual.com - Banyaknya korban akibat perang tak berkesudahan antara Palestina dan Israel membuat warga dunia semakin prihatin.

Korban yang jumlahnya tak sedikit tidak hanya berasal dari orang dewasa namun juga anak-anak tidak bersalah. Amerika Serikat yang dikenal memdukung tindakan Israel tersebut juga semakin dibenci dunia.

Namun beberapa artis ini justru menyuarakan dukungannya terhadap Palestina dengan beragam tindakan. Kesadaran mereka membuktikan bahwa masih ada hati mulia yang dimiliki atas tragedi manusia terbesar di dunia ini. Dikutip dari Mvslim, berikut deretan artis yang Pro-Palestina.

1. Cristiano Ronaldo

CR7 adalah pesepak bola kelas dunia yang dikenal sebagai salah satu artis yang pro dengan Palestina. Berbagai fakta yang dia lakukan membuktikan bahwa ia benar-benar mendukung Palestina. Pada tahun 2013, pemain termahal dunia ini enggan untuk menukar bajunya dengan pemain Israel untuk menunjukkan dukungannya terhadap hak-hak Palestina.

Pemain berusia 32 tahun tersebut juga menyerahkan Golden Boot Award-nya ke yayasan Real Madrid yang kemudian dilelang dan uangnya digunakan guna membangun sekolah di Palestina.

2. Eric Cantona

Legenda sepak bola Eric Cantona telah menandatangani sebuah surat dengan tokoh internasional lainnya seperti Eden Hazard, Frederic Kanoute, Abou Diaby, dan Didier Drogba untuk menyerukan pembebasan pemain Palestina Mahmud Sarsak yang melakukan mogok makan di sebuah penjara di Israel.

Dalam sebuah surat yang dikirm ke Presiden UEFA Michel Platini, mantan bintang Manchester United tersebut mengatakan bahwa Israel harus diadili. “Mengapa kelompok yang sama ini diam saat Israel menjadi tuan rumah kompetisi UEFA Under 21 di tahun 2013?

Rasisme, pelanggaran hak asasi manusia, dan pelanggaran berat terhadap hukum internasional adalah kejadian sehari-hari di negara tersebut,” seperti yang tertulis di surat tersebut. “Sudah saatnya menghentikan Israel dan menuntut standar kesetaraan, keadilan, dan penghormatan yang sama terhadap hukum internasinal.” lanjutnya.

3. Coldplay

Coldplay menjadi berita utama karena menunjukkan dukungan mereka secara langsung untuk Palestina. Pada tahun 2011, Coldplay mengunggah video musik di halaman Facebook mereka. Lagu itu disebut “Freedom for Palestina” oleh One World.

Mereka tidak mengambil bagian dalam produksi lagu tersebut namun mengumpulkan lebih dari 5.500 orang hanya dalam beberapa jam. Hal tersebut menjadi perhatian besar dari media Israel sehingga sangat mengkritik tindakan band tersebut.

4. Selena Gomez

Pada tanggal 18 Juli 2014, ia membagikan sebuah postingan yang berbunyi, “Ini tentang kemanusiaan. Berdoa untuk Gaza.” Ia pun juga mengunggah sebuah foto dan menuliskan sebuah caption yang berbunyi, “Tolong doakan keluarga dan bayi hari ini. Harap selalu ingat apa yang penting dalam hidup ini. Kami disini untuk membantu, menginspirasi dan mencintai. Jadilah perubahan itu".

5. Lupe Fiasco

Wasalu Muhammad Jaco atau yang lebih dikenal dengan Lupe Fiasco adalah bintang hip hop Amerika yang dikenal sebagai pro-Palestina. Ia mendukung Palestina dengan menciptakan lagu yang berbeda, salah satunya adalah “Things I Never Said”.

Bahkan, di salah satu konsernya ia terlihat membawa bendera Palestina. Ia juga mengatakan bahwa tidak memilih Obama karena sikap Obama yang dianggap pro-Israel terhadap konflik Israel-Palestina.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index