Hasil Drawing 16 Besar Liga Champions, Madrid-Barca Dapat Lawan Berat

Hasil Drawing 16 Besar Liga Champions, Madrid-Barca Dapat Lawan Berat
Drawing babak 16 besar Liga Champions.

Riauaktual.com - Drawing 16 besar Liga Champions 2017/2018 baru saja dilakukan, Senin (11/12/2017) petang WIB. Sejumlah tim unggulan seperti Barcelona dan Real Madrid mendapat lawan berat.

Real Madrid yang lolos ke babak 16 besar dengan status runner up grup harus menghadapi Paris Saint Germain. Tentu saja laga ini masuk kategori bigmatch, sebab Los Blancos dan PSG sama-sama diunggulkan jadi kampiun.

Secara head to head, Real Madrid tak lebih superior ketimbang PSG. Kedua tim sudah bersua 6 kali dengan masing-masing meraih dua kemenangan dan dua hasil imbang.

Laga paling disorot lainnya adalah duel Chelsea melawan Barcelona. Sebelum drawing, Chelsea yang lolos sebagai runner-up grup memang digadang-gadang akan melakoni laga berat pada babak 16 besar.

Sebagian besar pengamat menebak Chelsea akan bersua Barcelona dengan probabilitas nyaris 50 persen. Tebakan itu terbukti benar. Tim asuhan Antonio Conte harus menghadapi jalan terjal, menjamu El Barca pada leg pertama sebelum gantian bermain di Stamford Bridge pada laga kedua.

Chelsea punya modal bagus dalam perjumpaan ini. Dalam 12 pertemuan di Liga Champions, The Blues pernah menang 4 kali dan hanya 3 kali kalah. Sementara, 4 laga lain berakhir imbang.

Paling hangat ketika Chelsea menang 1-0 di laga kandang dan imbang 2-2 di Camp Nou pada semifinal 2011-2012.

Big match ketiga mempertemukan jawara Italia sekaligus finalis Liga Champions musim lalu, Juventus, dengan tim kuat Inggris, Tottenham Hotpur. Bagi kedua tim, ini akan menjadi perjumpaan perdana di kompetisi antarklub Eropa.

Namun, Tottenham sempat mengalahkan Juventus pada laga pramusim di Stadion Wembley, Agustus lalu, degan skor 2-0 berkat gol Harry Kane dan Christian Eriksen.

Beberapa duel lain yang akan mempertemukan dua tim untuk pertama kalinya di Eropa adalah FC Basel versus Manchester City dan Sevilla versus Manchester United. Duel lain melengkapi babak 16 besar adalah Shakhtar Donetsk melawan AS Roma dan Besiktas besua Bayern Muenchen.

Shakhtar pernah mengalahkan Roma dua kali pada babak 16 besar musim 2010-2011. Tim asal Ukraina itu menang 3-2 di Olimpico dan 3-0 saat bertindak sebagai tuan rumah. Sementara, Bayern pernah menang 2-0 baik kandang dan tandang pada fase grup musim 1997-1998.

Tim yang lolos sebagai runner-up dan disebut pertama, akan lebih dahulu bertindak sebagai tuan rumah pada leg pertama 13/14 dan 20/21 Februari. Sementara juara grup akan gantian menjadi tuan rumah pada leg kedua 6/7 dan 13/14 Maret.

Fakta menarik dalam 14 musim terakhir Liga Champions menyebut, 72,3% tim yang lolos fase grup sebagai juara grup mampu memenangi babak 16 besar dan lolos ke perempat final.

Hasil Drawing Babak 16 Besar Liga Champions 2017-2018:

Juventus (Italia) vs Tottenham Hotspur (Inggris)
FC Basel 1893 (Swiss) vs Manchester City (Inggris)
FC Porto (Portugal) vs Liverpool (Inggris)
Sevilla (Spanyol) vs Manchester United (Inggris)
Real Madrid (Spanyol) vs Paris Saint-Germain (Prancis)
Shakhtar Donetsk (Ukraina) vs AS Roma (Italia)
Chelsea (Inggris) vs Barcelona (Spanyol)
Bayern Muenchen (Jerman) vs Besiktas (Turki)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index