PBB Kunjungi Korut, Sebut Krisis Rudal Isu Keamanan Paling Menegangkan Dunia

PBB Kunjungi Korut, Sebut Krisis Rudal Isu Keamanan Paling Menegangkan Dunia
uji coba balistik korea utara. ©2017 REUTERS/KCNA

Riauaktual.com - Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk urusan politik Jeffrey Feltman, mengunjungi Korea Utara Selasa hingga Jumat pekan lalu. Dalam kunjungannya, Feltman bertemu dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong Ho. Pertemuan mereka terjadi seminggu setelah Korea Utara melakukan uji coba rudal Hwasong-15 pada 29 November.

Perjalanan Feltman di Korea Utara juga bertepatan dengan latihan militer tahunan Vigilante 18 yang diadakan oleh AS dan Korea Selatan. Menurut Angkatan Udara AS, latihan tersebut dirancang untuk meningkatkan efektivitas tempur aliansi tersebut. Sementara Korea Utara merasa terancam dengan latihan itu.

"Ri dan Feltman sepakat bahwa situasi yang terjadi saat ini adalah isu keamanan, serta keamanan yang paling menegangkan dan berbahaya di dunia saat ini," kata PBB dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari CNN, Senin (11/12). 

Feltman menekankan perlunya putusan langsung dari Dewan Keamanan untuk dilaksanakan, solusi diplomatik bisa dicapai melalui dialog. Feltman juga mengatakan ada kebutuhan yang mendesak untuk mencegah salah perhitungan dan membuka penyaluran untuk mengurangi risiko dari konflik tersebut.

Dia menekankan bahwa masyarakat internasional khawatir dengan meningkatnya ketegangan, dan berkomitmen terhadap putusan damai.

"Waktu adalah hakikatnya," kata dia.

Seperti diketahui berkali-kali Korea Utara menjalankan uji coba peluncuran uji coba rudal. Hal ini meningkatkan ketegangan antara Korut dengan negara tetangganya Korea Selatan. (merdeka.com)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index