Lebih Cocok Jadi Pebisnis atau Karyawan? Cari Tahu Berdasarkan 6 Tanda Ini

Lebih Cocok Jadi Pebisnis atau Karyawan? Cari Tahu Berdasarkan 6 Tanda Ini
Ilustrasi (shutterstock)

Riauaktual.com - Karier bukanlah undian berhadiah yang dapat ditebak dengan mudah. Kepintaran seseorang bukanlah takaran untuk menggapai sebuah karier. Sama seperti dua pekerjaan ini, pebisnis dan karyawan memiliki mekanisme kerja yang berbeda, tugas yang berbeda, jumlah gaji, dan tanggung jawab yang berbeda pula.

Jika karyawan harus selalu melaporkan hasil kerja kepada atasan, ini tidak terjadi pada seorang pebisnis. Sebab dirinya sendiri adalah seorang bos yang memiliki tanggung jawab penuh atas arah dan tujuan bisnisnya. Begitu juga dengan jumlah gaji yang diterima. Karyawan memiliki nominal pemasukan yang flat alias sama setiap bulan. Sementara pebisnis memiliki gaji yang sangat fluktuatif.

Pebisnis atau Karyawan?

Bekerja di kantor itu menyenangkan karena bisa bertemu orang-orang baru, menambah pengalaman, dan ruangan kerja yang enak. Akan tetapi, ada waktu di mana seorang bosan menjalani pekerjaan yang itu-itu saja. Hingga muncul keinginan untuk resign dari kantor dan memilih menjadi seorang pebisnis.

Jika keinginan tersebut terus-menerus menyiksa batin, coba pastikan tanda-tanda di bawah ini untuk mengetahui Anda cocoknya sebagai apa.

1. Jemu dengan Rutinitas

Siapa pun jemu jika harus menjalani rutinitas atau melakukan hal yang sama setiap hari. Hal ini sering kali dialami karyawan. Aktivitasnya sehari-hari dilakukan secara berulang-ulang, tidak tahu sampai kapan akan berubah. Mulai dari bangun pagi, berangkat, bekerja, hingga pulang. Siapa yang tidak bosan? Jika Anda termasuk orang yang cepat bosan, inilah tanda kalau bekerja di kantor tidak cocok untuk Anda. Karena itu, cobalah untuk jadi seorang pebisnis.

2. Memiliki Kreativitas Tinggi

Kreativitas sangatlah dibutuhkan hampir di semua pekerjaan. Tidak terkecuali pegawai kantor. Akan tetapi, kreativitas yang dimiliki akan lebih berguna pada suatu bisnis. Pebisnis memang diharuskan untuk selalu berinovasi terhadap produk dan tata cara pengembangan bisnis. Jika Anda memiliki kreativitas tinggi dan ide-ide cemerlang, ini pertanda kalau rencana resign harus segera dilakukan. Tidak ada salahnya mencoba menjadi seorang pebisnis. Gunakan kreativitas dan ide cemerlang untuk mampu bersaing dalam bisnis.

3. Mampu Memberikan Solusi Terbaik

Ciri utama seorang pebisnis adalah mampu memberikan solusi terbaik. Terlebih jika perusahaan sedang dilanda masalah besar. Mampu menempatkan diri, mengambil keputusan, dan bersedia menanggung risiko adalah karakter seorang bos yang diharapkan dari para karyawannya.

4. Suka Memimpin

Sadar atau tidak, setiap manusia dianugerahi kemampuan untuk memimpin. Namun, hal itu terjadi dalam ruang lingkup yang berbeda. Ada orang yang hanya ahli memimpin dirinya sendiri, ada pula orang yang ahli memimpin orang lain. Kalau Anda termasuk orang yang ahli memimpin orang lain bukan dipimpin, jadilah seorang bos. Pimpinlah karyawan untuk bekerja lebih baik. Arahkan, ayomi, dan tempatkan karyawan sesuai dengan job desk-nya masing-masing.

5. Ahli Berkomunikasi di Depan Banyak Orang

Menjadi seorang pebisini membuat Anda siap atau tidak siap harus berani berbicara di depan banyak orang. Ada banyak klien dan pelanggan yang membutuhkan saran dan ingin bekerja sama dengan Anda. Untuk itu, percaya dirilah. Teknik berkomunikasi seorang pebisnis dengan karyawan juga berbeda. Pebisnis lebih senang membangun pembicaraan yang ada kaitannya dengan profit atau laba. Pebisnis juga lihai untuk mengajak klien bekerja sama dan bergabung ke bisnisnya. Kemampuan berkomunikasi dengan baik ini juga harus dimanfaatkan untuk membangun jaringan bisnis yang lebih luas agar bisnis yang dijalankan dapat berkembang lebih pesat.

6. Kritis

Menjadi seorang pebisnis mengharuskan Anda untuk selalu bersikap kritis. Entah itu untuk menentukan produksi, mengambil keputusan, ataupun melakukan penghitungan laba perusahaan.

Sikap kritis ini sangat dibutuhkan untuk mencegah segala sesuatu yang merugikan diri sendiri dan perusahaan. Untuk mengasah sikap kritis, perbanyaklah mengikuti seminar, membaca buku, dan menonton televisi yang ada kaitannya dengan bisnis.

 

Nikmati Peran Menjadi Seorang Pebisnis

Menjadi seorang pebisnis memang lebih enak dibandingkan seorang pegawai kantor. Namun, pebisnis sukses bukanlah tipe orang yang pemalas, melainkan rajin dan ulet. Jika Anda telah memiliki tanda-tanda di atas, jadilah seorang pebisnis. Nikmati profesi baru Anda dan lakukan yang terbaik.


Sumber : okezone.com

 

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index