Satlantas Larang Klub Motor Gunakan Lampu Strobo dan Knalpot Racing

Satlantas Larang Klub Motor Gunakan Lampu Strobo dan Knalpot Racing
Foto- Personel Satlantas Polresta Pekanbaru, pihak RSDC Rumbai, Honda Capella dan puluhan biker foto bersama usai kontes safety riding, Minggu (10/12)

Riauaktual.com - Satlantas Polresta Pekanbaru, kembali melakukan kegiatan safety riding.

Kali ini, Minggu (10/12) pagi, menghadirkan 30 klub motor yang berlangsung di Riau Driving Safety Center (RSDC) Rumbai Pekanbaru.

Kegiatan kontes ini, dilaksanakan hasil kerjasama antara Satlantas Polresta Pekanbaru, sekolah mengemudi Riau Safety Driving Center (RSDC), serta dari Honda Capella pekanbaru.

Dalam kontes tersebut, masing-masing klub biker mengirimkan dua orang perwakilannya baik putra maupun putri.

Hadir pada acara itu, Kasubnit I Unit Dikyasa, Ipda Ratna Wilis, Area Manajer RSDC, Sapto Eka Prabowo dan Arif dari pihak Honda Capella.

Dalam sambutannya Kasubnit Dikyasa, Ratna Wilis, menyampaikan himbauan kepada para komunitas klub biker agar dapat selalu menjadi pelopor tertib berlalu lintas di jalan raya, sehingga dapat menjadi contoh kepada pengendara lain di jalan raya.

"Kita juga ingatkan agar para komunitas biker untuk tidak menggunakan lampu strobo dan juga knalpot bising (racing)," pinta tegas Ratna.

Menurut dia, alat tersebut tidak dibenarkan apabila digunakan oleh pengendara umum. Karena, akan menggangu pengendara lainnya di jalan raya.

Meski di bawah rintik hujan gerimis, para peserta safety riding terlihat antusias untuk menampilkan yang terbaik dari masing-masing klub.

Sementara itu, menurut Area Manager RSDC, Sapto Eka Prabowo mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana para klub biker memahami dan menguasai materi safety riding yang pernah disampaikan sebelumnya.

"Para peserta adalah klub motor yang sebelumnya juga pernah kita berikan pelatihan safety riding," kata Sapto.

Masing-masing peserta harus melalui rintangan susunan cone yang telah disiapkan.

Bagi yang mampu melewatinya dengan catatan waktu tercepat dan tanpa menyentuh susunan cone akan menjadi yang terbaik.

"Nantinya yang terbaik berpeluang untuk dilakukan lomba tingkat pusat," tambah Arif dari Honda Capella Pekanbaru.

Terpisah, Kasat Lantas Polresta Pekanbaru, Kompol Rinaldo Aser menyampaikan bahwa dalam mensosialisasikan tertib berlalu lintas pihaknya bekerjasama dengan RSDC Pekanbaru dan Honda Capella rutin melaksanakan kegiatan safety riding tersebut.

"Kegiatan ini guna menekan angka pelanggaran dan juga kecelakaan lalu lintas. Tidak hanya edukasi kepada pelajar dan mahasiswa, tapi juga kepada komunitas biker dan juga para pengendara yang pernah terlibat kecelakaan," terbagi Rinaldo Aser. (IG)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index