Pekanbaru Menuju Kota Tanaman Rhapis Menghijau

Pekanbaru Menuju Kota Tanaman Rhapis Menghijau
ilustrasi (int)

PEKANBARU (RA) - Guna meningkatkan budidaya dan pemasaran tanaman Raphis, Walikota Pekanbaru H Firdaus ST MT mengimbau agar semua instansi pemerintah dan swasta termasuk DPRD Kota Pekanbaru menggunakan tanaman raphis untuk ditanam di area perkantoran mereka sebagai tanaman hias.

Selain warnanya yang hijau, tanaman pohon raphis juga merupakan tanaman anti oksidan yang mampu menghasilkan oksigen saat siang hari yang terik. Demikian dikatakan oleh Walikota Pekanbaru H Firdaus ST MT usai membuka pameran tanaman hias raphis di taman Chevron Rumbai Jum'at (8/3/2013).

"Kita minta tanaman raphis dibumikan di perkantoran, termasuk di Kantor Walikota, begitu juga di gedung DPRD," ujar Firdaus.

Dikatakan Wako lagi, raphis bagus untuk pernafasan di siang hari, karena tanaman ini menghasilkan zat yang bisa menarik oksidan dari tubuh. Di luar negri tanaman ini diminati karena bisa diletakkan di dalam rumah saat musim dingin tiba. Pecinda raphis di eropa potensinya besar mencapai 1 konteiner sebulan.

"Potensi pemasaran raphis di luar cukub besar ini perlu direbut. Karena kita hanya mampu memasok sekali tiga bulan 1 kontener, kita sarankan, para petani bisa menjalin komunikasi dengan BPR Kota Pekanbaru untuk permodalan," paparnya.

Laporan: Ver
Editor: Riki

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index