Mitos Kucing Hitam di Berbagai Negara, dari Nasib Sial hingga Reinkarnasi

Sabtu,25 November 2017 - 03:18:35 WIB Di Baca : 3135 Kali

Riauaktual.com - Kucing hitam sering kali diidentikkan dengan kisah-kisah mistis. Mata menyala yang kontras dengan bulu hitamnya membuat hewan ini tampak mengerikan. Beberapa orang percaya binatang ini memiliki kekuatan jahat dan merupakan jelmaan penyihir.

Mitos mengenai kucing hitam berawal sejak zaman Babylonia kuno. Konon ada seekor kucing hitam yang tidur pulas di tengah-tengah ular. Masyarakat saat itu percaya bahwa ular adalah binatang jelmaan iblis dan lambang kejahatan. Mereka melakukan ritual dan menjadkan kucing hitam itu sebagai persembahan untuk dibakar bersama sesaji lainnya.

Kisah itu terus berkembang hingga abad pertengahan. Bahkan di zaman yang maju seperti saat ini masih banyak negara percaya mitos kucing hitam. Di Indonesia, kehadiran kucing hitam dianggap membawa sial atau pertanda kehadiran makhluk halus. Tak hanya Indonesia, beberapa negara juga memiliki mitos tentang hewan ini dengan versi yang berbeda.

Berikut mitos tentang kucing hitam di berbagai negara, mengutip buku Kisah 1001 Mitos-Mitos Unik di Dunia.

 

1. Jerman

Di Jerman orang-orang akan menjauhkan orang sakit dari kucing hitam. Mereka percaya kucing hitam adalah binatang pembawa kematian. Jika ada kucing hitam yang melompat di kasur orang sakit, maka orang itu akan segera meninggal.

 

2. Normandia

Orang-orang di Normandia percaya mereka akan terserang suatu penyakit jika melihat kucing hitam menyeberang jalan saat bulan purnama.

 

3. Finlandia

Masyarakat di Finlandia percaya jiwa orang yang sudah meninggal akan dibawa ke alam baka oleh kucing hitam.

4. China

Kucing hitam di negeri China dianggap sebagai pembawa sial. Masyarakat China percaya kehadiran kucing hitam di rumah dan di toko akan membuat mereka jatuh sakit atau jatuh miskin.

 

5. India

Masyarakat di India percaya bahwa jiwa manusia akan terbebas dari reinkarnasi dengan menumbalkan kucing hitam. Mereka akan melakukan ritual dan melemparkan kucing hitam ke dalam api.

 

6. Bengali

Wanita suku Bengali di India tak ada yang berani menyakiti kucing hitam. Mereka takut adanya karma yang membalas perbuatan buruknya. Bahkan ada sebuah kisah yang beredar di masyarakat Bengali tentang seorang wanita yang dapat mengubah jiwa manusia menjadi seekor kucing hitam. (okezone.com/wan)


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com