Ini Risiko Makan Tak Teratur pada Kesehatan

Ini Risiko Makan Tak Teratur pada Kesehatan
Ilustrasi

Riauaktual.com - Idealnya makan dilakukan 3 kali dalam satu hari, tetapi ada yang melakukannya secara tidak teratur. Nah, ini yang membahayakan kesehatan. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Helsinki di Finlandia, seperti dilansir Boldsky menemukan makan yang tidak teratur dapat memiliki efek negatif jangka panjang terhadap kesehatan. 

Kelebihan berat badan menjadi salah satu efek samping yang umum dari makan tidak teratur ini. Perilaku makan yang tidak normal dapat memanifestasikan dirinya sebagai makanan yang terkendali, makan kompulsif, makan berlebihan (makan tanpa kontrol), pola makan yang tidak teratur, kacau atau juga dapat mengabaikan perasaan lapar dan kenyang secara fisik. 

Penelitian yang melibatkan 4.900 pria dan wanita muda di Finlandia ini diawali dengan memberi seperangkat kuesioner tentang perilaku makan, berat badan, kesehatan dan kesejahteraan psikologis kepada mereka yang berusia usia 24 dan 34 tahun. 

Selama masa penelitian, para periset menemukan makan tidak teratur pada usia 24 dikaitkan dengan berat badan lebih tinggi, lingkar pinggang lebih besar, dan rendahnya kesejahteraan psikologis pada kedua jenis kelamin. 

Tidak hanya itu, peneliti juga menemukan evaluasi diri yang lebih rendah terhadap kesehatan umum pada pria sepuluh tahun kemudian. Hasilnya ini kemudian diterbitkan dalam jurnal European Eating Disorders Review. (Wan)

 

Sumber: sindonews.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index