Tampak Datar, Ini Bentuk Bumi yang Sesungguhnya Dijelaskan Alquran dan Sains

Tampak Datar, Ini Bentuk Bumi yang Sesungguhnya Dijelaskan Alquran dan Sains
(Foto: Reuters)

Riauaktual.com - Manusia yang tinggal di Bumi tanpa alat bantu atau peralatan canggih tampaknya akan sulit melihat bagaimana wujud Bumi yang sesungguhnya. Secara kasat mata, Bumi tampak terlihat datar bila diamati dari permukaannya.

Topik mengenai Bumi Datar mencuat beberapa waktu belakangan ini. Apakah benar Bumi berbentuk datar ataukah bundar?

Dalam buku Tafsir Ilmi 'Penciptaan Bumi dalam perspektif Alquran dan Sains' yang disusun oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran, Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan mengenai anatomi Bumi yang mencakup bahasan tentang bentuk, ukuran dan struktur Bumi.

Buku Tafsir Ilmi mengungkapkan mengapa Bumi bisa dianggap datar. Oleh karena Bumi merupakan hamparan luas dan sangat besar dibanding ukuran manusia, maka permukaannya tampak datar serta luas terhampar.

Allah menjadikan permukaan Bumi sebagai bentangan yang luas. Dengan permukaan yang luas tersebut, permukaan Bumi bak hamparan dan tidak terasa lengkungannya.

Padahal, tanpa perlu alat bantu seperti satelit, manusia di muka Bumi bisa mengamati peristiwa terjadinya siang dan malam. Ibarat lampu senter disorotkan mengelilingi sekeping uang logam (yang datar), maka gelap dan terang berlangsung mendadak.

Akan tetapi, manusia mengetahui bahwa terjadinya siang dan malam tidak secara mendadak. Hal ini hanya dapat dijelaskan bila Bumi berbentuk seperti bola dan berotasi di hadapan matahari.

Dengan demikian, bagian yang menghadap matahari merupakan daerah siang dan bagian yang membelakangi matahari merupakan daerah malam. Hal ini telah diungkap dalam salah satu ayat Alquran.

"Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun," Surah Az-Zumar Ayat 5.

 

Sumber : okezone.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index