Saksikan! Supermoon Pertama dan Terakhir di Tahun Ini

Saksikan! Supermoon Pertama dan Terakhir di Tahun Ini
(Foto: Cnet)

Riauaktual.com - Pada malam 3 Desember, pengamat langit di seluruh dunia akan berkesempatan untuk menyaksikan keindahan supermooon pertama dan terakhir pada tahun ini.

Supermoon adalah istilah populer untuk fenomena bulan penuh atau bulan baru. Bulan tersebut bertepatan dengan orbit bulan yang mendekat dengan Bumi.

Orbit bulan yang mengelilingi Bumi bukanlah lingkaran sempurna, bentuknya agak memanjang. Itu berarti, bulan mengubah jaraknya ke Bumi beberapa ribu mil dari waktu ke waktu, mencapai titik terdekat (perigee) dan titik terjauh (apogee) pada bulan tertentu.

Secara teknis, ini akan menjadi supermoon ke empat tahun ini, tapi bulan ini merupakan satu-satunya yang dapat terlihat dengan mata telanjang. Sebab, tiga supermoon lainnya pada 2017 bertepatan dengan bulan baru, ketika piringan bulan benar-benar gelap.

Bulan purnama pada 3 Desember akan terjadi pukul 22.47 WIB. Pada tanggal 4 Desember, orbit bulan akan mencapai titik terdekat ke Bumi di bulan tersebut, berada sekira 357,98 kilometer dari planet kita pada pukul 16.00 WIB. Artinya, bulan pada 3 Desember malam akan tampak 7% lebih besar dan 16% lebih terang dari biasanya.

Waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena mempesona ini akan sama saat bulan purnama muncul beberapa menit setelah matahari terbenam, ketika efek optik, yang disebut ilusi bulan, akan membuat supermoon tampak lebih besar dan lebih terang.

Meskipun tidak perlu instrumen khusus untuk memandangnya, Anda boleh coba menggunakan kamera dengan lensa telephoto, teropong, atau teleskop untuk mendapatkan panorama permukaan bulan yang lebih jelas.

Jika Anda melewatkan supermoon tahun ini, persiapkan diri Anda untuk menyaksikannya pada awal 2018. Bulan purnama pada 2 Januari dan 31 Januari juga akan menjadi fenomena supermoon. Demikian dilansir dari National Geographic, Jumat (24/11/2017).

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index