Cieee, Honda Diam-diam Boyong Pesaing XMAX ke Indonesia

Cieee, Honda Diam-diam Boyong Pesaing XMAX ke Indonesia
Photo : Dok: Honda. Honda Forza Si

Riauaktual.com - Demam sepeda motor jenis skuter matik sudah berlangsung cukup lama di Indonesia. Awalnya, pasar ini diisi oleh skutik bermesin 110-150 cc.

Namun kini, beberapa orang mulai melirik skutik dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Untuk memenuhinya, Suzuki beberapa tahun lalu menghadirkan Burgman dengan mesin 200 cc.

Yamaha juga tidak mau ketinggalan. Awal tahun ini, mereka secara resmi menjual XMAX 250 cc ke konsumen. Motor ini masuk dalam kategori maxi scooter dan dibanderol Rp55 juta.

Lalu, apa langkah Honda sebagai penguasa pasar skutik di Tanah Air?

Menurut penelusuran sebagaimana dikutip dari viva.co.id di Kementerian Dalam Negeri, Honda ternyata diam-diam sudah memboyong pesaing XMAX ke Indonesia. Motor yang dimaksud yakni Forza Si.

Dari data yang ada, diketahui Nilai Jual Kendaraan Bermotor motor tersebut Rp58,5 juta. Angkanya jauh lebih tinggi dari XMAX yang tercatat Rp39,6 juta.

Artinya, harga jual Forza bakal lebih mahal dari XMAX. Berdasarkan data motor Honda lainnya, ada kemungkinan harga jual Forza berada di kisaran Rp70-80 juta.

Meski sama-sama mengusung mesin 250 cc, namun Forza merupakan produk impor, sedangkan XMAX sudah dibuat di dalam negeri. Hal ini yang menyebabkan harga Forza jauh lebih tinggi.

Sayangnya, hingga saat ini PT Astra Honda Motor belum bisa dihubungi untuk menjelaskan lebih lanjut soal kapan Forza akan dilepas ke pasar.


 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index